Sulit Dapat Kerja, Ribuan Pelamar Padati Job Fair di Padang

"Mereka mayoritas lulusan sarjana atau fresh graduate alias lulusan baru ini berharap menemukan pekerjaan yang cocok dalam bursa kerja yang difasilitasi pemerintah tersebut"
Para pencari kerja antrian saat job fair (KLIKPOSITIF/Joni Abdul Kasir )

PADANG, KLIKPOSITIF - Ribuan para pencari kerja (Pencaker) memadati kegiatan Job Fair yang digelar Pemerintah Provinsi Sumbar melalui Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Sumbar di Jalan Ujung Gurun Nomor 7 Padang, Rabu (17/7).

Mereka mayoritas lulusan sarjana atau fresh graduate alias lulusan baru ini berharap menemukan pekerjaan yang cocok dalam bursa kerja yang difasilitasi pemerintah tersebut.

Barata (26) salah seorang pencaker mengaku antri sejak acara dimulai dan datang dengan beberapa temannya, sebab telah mendapatkan informasi soal bursa kerja tersebut. Mereka mengajukan lamaran ke berbagai perusahaan yang menerima pekerjaan dari lulusan sarjana.

"Siapa tahu rezeki kami disini, sebab sudah banyak memasukkan lamaran belum juga diterima," ujarnya.

Menurutnya, banyak perusahaan mencari tenaga kerja yang sudah berpengalaman, sementara mereka baru tamat dan akan mencoba dunia kerja.

"Sebagian besar perusahaan mencari yang sudah berpengalaman, apalagi tidak nolongin. Terasa betul susahnya nyari pekerjaan," ungkap lulusan sarjana ekonomi itu.

Hal serupa juga keluhan Rika, kurangnya kesempatan untuk mendapat tempat di perusahaan bagi fresh graduate terpaksa bekerja di bidang-bidang umum, sama dengan lulusan SMA. Bahkan dirinya harus bekerja di toko fotocopy dekat kampus pasca tamat kuliah.

"Daripada nganggur, dan saya sudah lulus kuliah tidak mungkin minta jajan sama orangtua," ungkapnya.

Dia berharap job fair kali ini, bisa diterima bekerja disalah satu perusahaan yang dihadirkan Disnakertrans walaupun dia harus bersaing dengan ribuan pencari kerja.

Rika membeberkan banyak pencaker banyak mengeluhkan kerena panitia pelaksana memulai membuka standnya terlambat.

"Banyak bangat, antrian juga panjang. Tapi optimis saja, semoga diterima kerja dibidang yang pas dengan lulusan saya," harap wanita berhijab itu.

Kepala ... Baca halaman selanjutnya