Gelombang Tinggi Picu Abrasi di Pantai Api-api Pessel

"Gelombang tinggi juga mengancam keselamatan nelayan saat melaut"
Kondisi Pantai Api-api Pessel (Istimewa)

PESSEL, KLIKPOSITIF -- Kawasan Pantai Api-api, Kecamatan Bayang, Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat dilanda abrasi pantai, Rabu 17 Juli 2019. Abrasi pantai tersebut dipicu oleh gelombang tinggi berapa hari belakangan ini.

Informasi yang diterima KLIKPOSITIF, tingginya gelombang terus mengikis bibir pantai. Tidak hanya itu, gelombang tinggi juga mengancam keselamatan nelayan saat melaut.

"Saat ini kondisi kawasan wisata Pantai Api-api sangat memprihatinkan. Namun yang terparah hari ini, dan sudah mulai mendekati pemukiman," ujar Ketua Pemuda setempat, Riva, saat dihubungi wartawan.

Ia menjelaskan, kerusakan yang terjadi akibat abrasi pantai diantaranya telah merusak sebagian pohon cemara. Dan menyeret perahu nelayan ke tengah laut, akibat tingginya gelombang.

"Selain kerusakan yang kami alami, ini juga berdampak terhadap ekonomi," ungkapnya.

Kendati demikian, saat ini masyarakat berharap pemerintah setempat bisa mengambil sikap. Sebab, abrasi pantai di daerah sudah berulangkali terjadi.

"Yang rusak sekarang adalah bagian ujung pantai yang tidak ada batu grip penghalang abrasi. Kami dari masyarakat berharap kepada pemerintah agar bisa menindaklanjuti permasalahan ini," tutupnya.

[Kiki Julnasri]