DPRD Sawahlunto Kebut Pembahasan RAPBD-P Jadi Perda

"Kita pastikan sebelum 12 Juli 2019 sudah ketuk palu jadi Perda. Kalau tidak selesai diperiode sekarang, dan dibahas oleh periode yang baru, akan banyak yang ditunggu, mulai dari menyiapkan Alat Kelengkapan Dewan (AKD) dan pembinaan anggota yang baru"
Penandatanganan Nota Kesepakatan KUPA dan PPAS-P Kota Sawahlunto Tahun 2019 di Gedung DPRD Sawahlunto, Rabu 17 Juli 2019 (Muhammad Haikal/Klikpositif)

SAWAHLUNTO, KLIKPOSITIF -- Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Sawahlunto Adi Ikhtibar mengatakan, pihaknya akan menyelesaikan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Perubahan (APBD-P) tahun 2019 sebelum masa jabatan anggota DPRD Kota Sawahlunto periode 2014 - 2019 berakhir.

Ia memastikan, masa jabatan anggota DPRD Kota Sawahlunto periode 2014 - 2019 akan berakhir pada 12 Agustus 2019 mendatang. Sementara pihak Sekretariat DPRD Kota Sawahlunto sudah menyiapkan untuk pelantikan anggota yang baru.

"Kita memang akui pembahasan APBD-P Kota Sawahlunto tahun 2019 ini dikebut sedikit," katanya di Sawahlunto, Rabu 17 Juli 2019.

Meski dikebut, sambungnya, rangkaian demi rangkaian dari Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) ke Perda tetap dilaksanakan. "Seperti tadi sudah kita laksanakan penandatanganan nota kesepakatan Kebijakan Umum Perubahan Anggaran (KUPA) dan Prioritas Plafon Anggaran Sementara Perubahan (PPAS-P) APBD tahun 2019 bersama saudara Wali Kota Sawahlunto," ujarnya.

Ia menambahkan, hal tersebut sesuai dengan peraturan Kemendagri, bahwa APBD-P harus diselesaikan oleh anggota DPRD periode sekarang. Jika tidak, lanjutnya, bisa dipastikan pembahasan APBD-P tertunda.

"Kita pastikan sebelum 12 Juli 2019 sudah ketuk palu jadi Perda. Kalau tidak selesai diperiode sekarang, dan dibahas oleh periode yang baru, akan banyak yang ditunggu, mulai dari menyiapkan Alat Kelengkapan Dewan (AKD) dan pembinaan anggota yang baru," tuturnya.

Sementara itu, Wali Kota Sawahlunto Deri Asta dalam pidatonya menyampaikan, dengan disepakatinya KUPA dan PPAS-P APBD tahun 2019 secara bersama, selanjutnya akan diikuti dengan penyusunan RAPBD Perubahan tahun 2019.

"Kepada seluruh satuan kerja pemakai anggaran, kami menghimbau untuk segera menyiapkan dokumen Rencana Kerja Anggaran (RKA) ... Baca halaman selanjutnya