Serangga Lembing Batu 'Serang' SPBU di Pariaman

"Kedatangan sekawanan besar Karakak atau Lembing Batu tersebut sudah terjadi semenjak 4 hari lalu"
Serangan serangga karakak atau Lembing Batu di SPBU Pariaman (KLIKPOSITIF/Rehasa)

PARIAMAN, KLIKPOSITIF -- SPBU di Kota Pariaman dipenuhi serangga Karakak (Lembing Batu), Rabu 17 Juli 2019. Perihal itu, membuat para pengisi bahan bakar resah, karena selain menginggapi, bau menyengat membuat hidung terasa perih.

Dari keterangan pekerja SPBU Simpang Tiga Toboh Pariaman, kedatangan sekawanan besar Karakak tersebut sudah terjadi semenjak 4 hari lalu.

"Sudah empat hari Karakak itu muncul. Hanya malam hari, makluk itu datang dalam jumlah yang sangat banyak. Pembeli bahan bakar resah, selain menghinggapi, baunya membuat mata, hidung dan kepala sakit, " ujar Fitry (28) salah sseorang pekerja di SPBU Simpang Tiga Toboh Pariaman, Rabu 17 Juli 2019 malam.

Di lokasi, memang tampak Karakak dalam jumlah yang besar menghinggapi lampu-lampu SPBU. Tak hanya lampu, serangga tersebut juga menghinggapi orang bahkan mengigit.

"Saya harus pakai masker penutup hidung. Kalau menghirup aroma serangga itu cukup lama, bisa bikin sakit kepala, " jelas Fitry.

Sementara itu, Wawan (41) salah seorang petani di lokasi mengatakan, perihal datangnya hama dalam jumlah sangat banyak itu adalah hal yang biasa.

"Iya, biasanya begitu, sekarang kan musim panen padi. Jadi serangga ini makan padi petani. Lalu malam hari mereka terbang menuju sumber cahaya, seperti di SPBU ini, " ungkap Wawan.

Kendatipun demikian, Wawan mengakui, musim panen hari ini jumlah Karakak yang datang jauh lebih banyak dari pada biasanya.

"Tapi sekarang ini, Karakak-nya sangat banyak sekali jumlahnya dibandingkan musim panen sebelumnya," jelas Wawan.

Selain Wawan, Danu petugas kebersihan SPBU mengatakan kepada KLIKPOSITIF, setiap pagi dia selalu membersihkan Serangga Karakak dalam jumlah yang sangat banyak.

"Setiap pagi saya sapu itu, jumlahnya banyak sekali dari pada musim biasanya, menghitam di lantai, " sebut Danu.

Danu selain bekerja sebagai tukang kebersihan di SPBU, dia juga merupakan ... Baca halaman selanjutnya