Sejumlah Rumah Warga Terancam Amblas di Sutera Pessel

"Yang lebih parah saat hujan, aliran sangat deras. Dan tebing sungai tidak ada batu penahannya hingganya terjadi seperti ini"
(Ist)

PESSEL, KLIKPOSITIF -- Sejumlah rumah warga yang berada di sekitaran tebing sungai di Kampung Teratak Panas, Nagari Amping Parak Timur, Kecamatan Sutera, Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat terancam amblas akibat kikisan sungai.

Informasi yang diterima KLIKPOSITIF, kondisi ini sudah terjadi sejak 2014 lalu. Hingga saat ini warga dan pemerintah nagari setempat masih menunggu penanganan Pemkab setempat.

"Yang lebih parah saat hujan, aliran sangat deras. Dan tebing sungai tidak ada batu penahannya hingganya terjadi seperti ini," sebut warga setempat, Nuralis (62).

Ia menjelaskan, di lima titik lokasi tebing sungai yang amblas saat ini. Diantaranya mengancam sebanyak lima rumah warga, salah satunya rumah miliknya sendiri.

"Sekarang pondasi bagian belakang rumah saya, tanahnya sudah jatuh. Dan khawatir kalau air sungai besar, bisa saja terus melebar dan merobohkan rumah," ungkapnya.

Sementara itu, Dinas Pengelola Sumber Daya Air (PSDA) setempat, sudah menerima laporan terhadap kondisi tersebut, dan saat ini pihaknya tengah melakukan pengkajian.

"Kamis (18/7/19), kita akan melakukan peninjauan secara resmi, untuk segera dibahas secara teknis," terang Kabid Sungai, Pantai dan Rawa, PSDA Pessel, Novi Irawan kepada KLIKPOSITIF.

Menurutnya, dari kondisi yang telah ditinjau PSDA setidaknya ada sebanyak enam titik di nagari sama. Dan untuk mengoptimalkan, pihaknya akan segera menindaklanjuti dan memprioritaskan yang terparah.

"Yang lebih prioritas kita dahulukan. Seandainya clear semua proses, paling cepat Agustus sudah mulai,"tutupnya. (Kiki Julnasri)