Anggaran Baznas Berkurang, Bantuan Pendidikan di Tanah Datar Dipegang Dikbud

"Pemerintah Tanah Datar bertekad bahwa tidak ada lagi anak-anak Tanah Datar yang tidak melanjutkan pendidikannya hingga ke perguruan tinggi negeri"
Bupati Irdinansyah didampingi Kadis Dikbud Riswandi dan Ketua Baznas Emrizal saat diwawancara wartawan (KLIKPOSITIF/ Irfan Taufik)

TANAH DATAR, KLIKPOSITIF -- Bagi siswa Tanah Datar yang tergolong keluarga kurang mampu yang lulus atau diterima kuliah di perguruan tinggi negeri, bila tahun sebelumnya dibantu biaya masuk dari Baznas Tanah Datar, kini ditampung di Dinas Pendidikan dan Kebudayaan setempat.

"Anggaran di Baznas Tanah Datar berkurang dari tahun sebelumnya, maka untuk bantuan pendidikan bagi siswa kurang mampu kita tampung di Dinas Pendidikan atau di Bagian Kesra," kata Bupati Tanah Datar Irdinansyah Tarmizi di Batusangkar, Rabu 18 Juli 2019.

Bupati tetap menegaskan bahwa tidak ada siswa Tanah Datar yang lulus PTN di Indonesia khususnya tergolong keluarga kurang mampu yang tidak melanjutkan pendidikan karena ketiadaan biaya.

"Pemerintah Tanah Datar bertekad bahwa tidak ada lagi anak-anak Tanah Datar yang tidak melanjutkan pendidikannya hingga ke perguruan tinggi negeri," tutur Irdinansyah.

Sementara itu, Ketua Baznas Tanah Datar Emrizal Datuak Hyang Basa mengakui bahwa tahun ini dana yang masuk mengalami penurunan karena zakat dari para guru dan pegawai di SLTA tidak lagi dikelola oleh Baznas Tanah Datar tapi oleh Provinsi Sumatera Barat.

Kepala Dinas Dikbud Tanah Datar Riswandi menyampaikan bantuan biaya pendidikan ini akan ditampung pada Dana Bantuan Tidak Terencana (DBTT) pada dinasnya sesuai anggaran yang tersedia. (irfan taufik)