Tenun Balai Panjang Payakumbuh Ditampilkan Pada New York Fashion Week

"Insya Allah pada 6 sampai 14 September nanti, Tenun Balai Panjang akan ikut New York Fashion Week"
Ilustrasi Tenun Balai Panjang Payakumbuh. (Ist)

PAYAKUMBUH, KLIKPOSITIF -- Tenun Balai Panjang Kota Payakumbuh bakal ikut ditampilkan pada event fesyen internasional di Amerika Serikat, yaitu New York Fashion Week pada 6-14 September 2019 nanti.

Hal itu disampaikan desainer kenamaan Tuty Adib yang beberapa lalu datang ke Kota Payakumbuh dalam rangka memberikan pelatihan Diversifikasi Tenun di Gedung Sentra Tenun, Balai Panjang, Payakumbuh Selatan.

"Insya Allah pada 6 sampai 14 September nanti, Tenun Balai Panjang akan ikut New York Fashion Week," ujar Tuty Adib.

Dalam event fesyen internasional tersebut, Tuty Adib akan menampilkan 12 outfit dengan tema 'Kumbuah' untuk koleksi Spring Summer 2020.

"Bahannya tetap lebih banyak mengambil Tenun Balai Panjang yang kami buat dengan pewarnaan yang berbeda. Karena konsepnya spring summer maka warnanya yang lebih segar dan ceria," tutur Tuty Adib.

Terkait pemilihan tema 'Kumbuah' yang diusungnya, Tuty mengatakan kalau pada kegiatan itu dirinya tidak hanya ingin mengenalkan Tenun Balai Panjang kepada pecinta fesyen internasional, tapi dirinya juga ingin mengenalkan Kota Payakumbuh.

"Karena memang Kumbuah itu merupakan tanaman yang menjadi bagian dari nama Kota Payakumbuh," ujar Tuty.

Menurut Tuty, Tenun Balai Panjang merupakan produk potensial yang membuat dia terus tertarik untuk mempresentasikannya di berbagai event fesyen internasional.

"Saya sangat concern sekali terhadap industri kreatif Tenun Balai Panjang ini karena potensinya yang begitu besar untuk dikembangkan dan menjadi produk unggulan Kota Payakumbuh. Sangat sayang kalau tidak terus digali," ucapnya.

Disampaikan Tuty, pada event LFW tahun lalu, Tenun Balai Panjang mendapatkan animo besar dari pecinta fesyen dan masyarakat internasional.

"Waktu itu saya membawa tema Basiba dan mendapatkan animo yang sangat luar biasa sehingga saya sangat antusias untuk memakai busana tradisional Minang khususnya ... Baca halaman selanjutnya