DLH Sumbar: Tumpukan Sampah di Jalur TdS Akan Dibereskan

"Dinas Lingkungan Hidup Sumatera Barat berjanji akan membereskan persoalan tumpukan sampah disepanjang jalur Tour de Singkarak 2019"
Ilustrasi/KLIKPOSITIF (KLIKPOSITIF/Joni Abdul Kasir )

PADANG, KLIKPOSITIF - Pemerintah Provinsi Sumatera Barat (Pemprov Sumbar) bergerak cepat mencari solusi persolan sampah yang bisa merusak citra Tour de Singkarak 2019 dan pariwisata Sumbar.

Dinas Lingkungan Hidup Sumatera Barat berjanji akan membereskan persoalan tumpukan sampah disepanjang jalur Tour de Singkarak 2019.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Sumbar, Siti Aisyah, mengatakan, pihaknya telah membahas persoalan sampah di jalur yang akan dilalui pembalap TdS dengan pihak Dinas Pariwisata.

"Kami telah koordinasi dengan Dinas Pariwisata Sumbar, kami akan bereskan tumpukan sampah dijalur yang akan dilalui pebalap jelang dimulai ajang TdS ini," ujarnya, Kamis (18/7).

Selain, berkoordinasi dengan Dinas Pariwisata Sumbar, Siti Aisyah meminta kabupaten dan kota juga ikut mengantisipasi persoalan ini dengan menyiapkan kendaraan pengangkut sampah.

"Daerah kita minta untuk menyiapkan kendaraan pengangkut sampah untuk mengangkut sampah yang bertumpukan di jalur yang akan dilalui pebalap di daerahnya, karena persoalan sampah ini merupakan tugas kita bersama, baik provinsi maupun daerah," katanya.

Ia berharap, persoalan tumpukan sampah yang ada di beberapa daerah agar segera diselesaikan menjelang TdS ini, karena ajang ini membawa nama baik Sumbar.

"Kita semua pasti tidak ingin citra TdS itu rusak karena masalah tumpukan sampah berada di jalur yang dilalui pebalap," katanya.

Kemudian, kata Siti Aisyah, pihaknya juga meminta masyarakat untuk menjaga daerahnya, jangan membuang sampah sembarangan tempat.

"Jaga lingkungan kita dari sampah, jangan buang sampah sembarangan apalagi menumpuknya di tepi jalan. Ini akan menganggu keindahan daerah kita," tukasnya.

Sebelumnya, tim teknis yang mensurvei jalan yang akan dilalaui pembalap TdS 2019 memiliki berapa catatan, tidak hanya dari persoalan kondisi jalan namun juga sampah.

Sebelumnya, Tim Teknis TdS membeberkan penemuan ... Baca halaman selanjutnya