Diberi Pelatihan Berbasis Kompetensi, Pencaker di Agam Diminta Ciptakan Lapangan Kerja

"pelatihan berbasis kompetensi kali ini merupakan tahap ke-II yang diikuti sebanyak 64 orang terdiri dari empat sub kejuruan."
DPMPTSP-Naker Kabupaten Agam, Jetson (Ist)

AGAM, KLIKPOSITIF -- Pemerintah Kabupaten Agam sedang gencar-gencarnya mengurangi angka pengangguran, terutama di kalangan pencari kerja yang baru saja menamatkan pendidikan SMA sederajat atau perguruan tinggi.

Salah satu upaya yang dilakukan yakni memberikan pelatihan berbasis kompetensi yang diselenggarakan oleh UPT Balai Latihan Kerja (BLK) Kabupaten Agam.

Kasi TU BLK DPMPTSP-Naker Kabupaten Agam, Aris Priadi mengatakan, pelatihan berbasis kompetensi kali ini merupakan tahap ke-II yang diikuti sebanyak 64 orang terdiri dari empat sub kejuruan.

"Yaitu kejuruan perakitan komputer, teknisi telepon seluler, service sepeda motor konvensional dan kejuruan service motor injeksi," ujar Aris.

Ia menjelaskan, pelatihan dilaksanakan selama sebulan penuh sejak tanggal 13 Juni.

"Khusus untuk kejuruan service motor injeksi kita berikan 20 hari dan tiga kejuruan lainnya satu bulan," terangnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan Ketenagakerjaan Kabupaten Agam, Jetson, berharap ilmu yang didapatkan selama mengikuti pelatihan bisa diaplikasikan di lapangan.

Ia juga menekankan bahwa tujuan untuk mengikuti pelatihan bukan diproyeksikan untuk mencari pekerjaan atau formalitas mencari sertifikat sebagai syarat agar lebih mudah mendapatkan sebuah pekerjaan.

"Setelah mengikuti pelatihan ini jangan hanya menjadi pencari kerja tapi bukalah lapangan pekerjaan sendiri. Biarlah usaha itu kecil, tapi adek-adek semua bosnya," ajak Jetson.

Usai menutup kegiatan tersebut, Jetson menyerahkan sertifikat penghargaan bagi pemuda-pemudi yang memiliki nilai tinggi sesuai dengan bidang kejuruannya masing-masing.(rel)