Ini Sosok Terduga Teroris yang Diamankan Densus 88 di Padang

"Terduga dikenal sebagai sosok yang taat beribadah"
Rumah terduga teroris dijaga petugas bersenjata saat proses penggeledahan (Istimewa)

PADANG, KLIKPOSITIF -- Pemuda yang diamankan oleh tim Densus 88 di Kota Padang-Sumbar, diketahui seorang yang taat beribadah. Tidak ada seorang pun yang menyangka ia akan masuk dalam daftar seorang yang merupakan incaran dari tim Densus 88.

"Saya tidak menyangka dia ditangkap tadi malam dan tadi pas penggeledahan saya terkejut," ujar ketua RW setempat, Refianti, Jumat 19 Juli 2019.

Menurutnya, terduga teroris atas nama Novendri (39) itu seorang lelaki yang sholeh dan baik. "Setahu saya dia anaknya baik, tidak ada yang janggal dengannya," lanjutnya.

Kakak terduga teroris, Usman (42) mengatakan bahwa adiknya itu sempat merantau kurang lebih 20 tahun yang lalu.

"Dia memang ada pergi merantau, tapi sudah sangat lama, sekitar 20 tahun yang lalu. Dia pergi juga tidak pernah lama, hanya sekitar setahun sampai dua tahun saja," ujarnya.

Ia mengatakan, Novendri merupakan seorang lelaki yang taat agama dan tidak diduga masuk dalam jaringan teroris yang dilarang di Indonesia.

"Saya tidak menyangka seperti ini, adik saya seorang yang taat agama, tapi tidak mungkin dia seperti itu," lanjutnya.

Ia melanjutkan, yang dilakukan oleh adiknya selama ini tidak ada yang aneh dan tidak ada yang melenceng, baik dari aturan agama maupun aturan hukum negara.

"Setahu saya dia tidak pernah melakukan sesuatu yang bertentangan dengan hukum, kerjaannya saja berdagang garam dan mengojek," lanjutnya.

Ia merasa sangat terkejut dengan pengamanan yang dilakukan oleh Densus 88 terkait dugaan jaringan JAD. "Saya tidak tahu kasusnya saat ini apa, tapi saya tidak bisa menemui adik saya," lanjutnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, terduga teroris diamankan oleh Densus 88 pada Kamis 18 Juli 2019 sekitar pukul 22.00 WIB. Densus juga menggeledah rumah terduga teroris itu pada Jumat 19 Juli 2019 sekitar pukul 15.00 WIB hingga pukul 16.05 WIB di RT 02/ RW 04 Kelurahan Berok Nipah, Kecamatan Padang ... Baca halaman selanjutnya