BNN Kabupaten Pasbar Bentuk Tim Asesmen Terpadu

"Asesmen yang dilakukan untuk menggali dinamika dan faktor penentu yang mendasari munculnya masalah"
Kepala BNN Kabupaten Pasaman Barat, Irwan Effenry (Istimewa)

PASAMAN BARAT, KLIKPOSITIF -- Badan Narkotika Nasional (BNN) Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar) lakukan asesmen terhadap para pelaku penyalahgunaan dan peredaran narkoba yang ada di wilayah hukum Kabupaten Pasbar.

Menurut Kepala BNN Kabupaten Pasbar, Irwan Effenry. Asesmen yang dilakukan pihaknya, untuk menggali dinamika dan faktor penentu yang mendasari munculnya masalah. Ini dilakukan sebelum, selama dan setelah konseling berlangsung, sehingga dapat digunakan untuk memecahkan masalah yang dihadapi.

Kata Irwan, asesmen merupakan wujud dari implementasi Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika, khususnya pada pasal 54 dan 127 dan Surat Edaran Mahkamah Agung (Sema) Nomor 04 Tahun 2010.

Selain itu, disertai dengan Peraturan Bersama dengan tujuh lembaga kementerian yang ditandatangani 11 Maret 2014, tentang penanganan pecandu atau korban penyalahgunaan narkotika ke dalam lembaga rehabilitasi," kata Irwan kepada KLIKPOSITIF, Jumat (19/7/2019).

"Dasar itu lah, BNN membentuk Tim Asesmen Terpadu di wilayah hukum Kabupaten Pasaman Barat," ungkap dia.

Tim yang dibentuk, diketuai oleh dirinya sendiri dan terdiri dari II tim, yakni Tim Asesmen Hukum dan Tim Asesmen Medis. Petugas asesmen yang terlibat, berasal dari berbagai unsur latar belakang yang berbeda. Diantaranya, BNN, Polri, Kejaksaan dan Dokter.

Terang Irwan, untuk Tim I bernama Tim Asesmen Hukum yang terdiri dari Penyidik BNN, Penyidik Polri dan Jaksa. Mereka bertugas menganalisis keterlibatan tersangka dari sisi tindak pidana.

Sedangkan untuk Tim II bernama Tim Asesmen Medis yang berlatar belakang para dokter. Mereka bertugas untuk menentukan tingkat adiksi atau kecanduan tersangka serta kondisi fisik dan psikisnya setelah menjadi penyalahguna.

"Nantinya, tim akan melakukan tes kesehatan terhadap orang yang ditangkap akibat kasus narkotika. Asesmen itu pula yang menentukan apakah orang itu sebagai pengguna atau ... Baca halaman selanjutnya