AJI Padang Menyesalkan Pelarangan Liputan Jurnalis TVRI oleh Pengurus Mesjid Raya Sumbar

"Pelarangan di Masjid Raya Sumatera Barat kembali terjadi. Sebelumnya Disabilitas dilarang menggunakan kursi roda masuk ke Masjid"
Masjid Raya Sumatera Barat (KLIKPOSITIF/Joni Abdul Kasir )

PADANG, KLIKPOSITIF - Pelarangan di Masjid Raya Sumatera Barat kembali terjadi. Sebelumnya Disabilitas dilarang menggunakan kursi roda masuk ke Masjid, kali hampir sama, namun melibatkan sejumlah kru TVRI Sumatera Barat (Sumbar) bersama Antoni Tsaputra, Ph.D. Antoni merupakan penyandang disabilitas berkursi roda yang baru saja mendapat gelar doktor dari UNSW, salah satu kampus di Australia.

Perlarang dialami Maqri Nelvi Lubis (produser) dan Atvriandi (juru kamera), datang ke Mesjid Raya Sumbar untuk pengambilan gambar untuk liputan profil Antoni Tsaputra, Ph.D. Antoni, Kamis, 18 Juli 2019 sekira pukul 12.20 wib, atau menjelang salat zuhur.

Rencananya, kru TVRI akan mengambil beberapa adegan keberadaan Antoni di mesjid itu, seperti saat menunaikan salat. Menurut Atvriandi, sebelum pengambilan gambar Maqri Nelvi Lubis sebagai produser telah berinisiatif meminta izin kepada kepala keamanan mesjid.

Namun menurut kepala pengamanan itu, pengambilan gambar di Mesjid Raya Sumbar harus memiliki surat izin. Karena selama ini tidak ada aturan tersebut, jurnalis TVRI tidak mampu menunjukkan surat yang dimaksud.
Namun mereka berupaya meminta izin langsung kepada pengurus mesjid, dan menerangkan maksud dan tujuan peliputan.

Yulius Said, Pengurus mesjid yang dihubungi oleh jurnalis TVRI akhirnya memberi izin pengambilan gambar, dengan syarat kursi roda Doktor Antoni hanya sampai batas suci, atau menggunakan kursi roda milik mesjid. Namun kursi roda yang disebutkan tidak terlihat.

Menurut Atvriandi, Antoni keberatan dengan syarat itu, karena jenis kursi roda yang dibutuhkannya berbeda pula. Meski demikian, Antoni siap membersihkan roda kursi rodanya jika diizinkan masuk. Namun pihak keamanan tetap ngotot melarang.
Akibat tidak ada titik temu, akhirnya tim TVRI Sumbar membatalkan pengambilan gambar Antoni di dalam mesjid dan salat.

Mereka kemudian menyiasati dengan pengambilan gambar Antoni di teras ... Baca halaman selanjutnya