Dinkes Sumbar Komit Cegah Wabah Penyakit Menular Dari Hewan ke Manusia

"Penyebaran penyakit hewan yang dapat menular ke manusia atau sebaliknya (zoonosis) dan juga penyakit infeksi baru di Sumbar masih rentan menyerang masyarakat"
Ilustrasi/KLIKPOSITIF (Istimewa )

PADANG, KLIKPOSITIF - Penyebaran penyakit hewan yang dapat menular ke manusia atau sebaliknya (zoonosis) dan juga penyakit infeksi baru di Sumbar masih rentan menyerang masyarakat. Maka, untuk itu perlu penanganan pencegahan agar tidak menjadi wabah yang menakutkan.

"Daerah kita ini rentan disebabkan semua makhluk hidup bergerak aktif. Dengan kondisi itu menyebabkan kuman dan virus terus aktif sepanjang tahun. Inilah yang membuat masyarakat menjadi lebih rentan terhadap penularan penyakit dari hewan ke manusia," ujar Kepala Dinas Kesehatan Sumbar, Merry Yuliesday, Sabtu, 20 Juli 2019.

Maka, untuk itu Dinas Kesehatan Sumbar dan stakeholder terkait berkomitmen  mencegah penyebaran penyakit ini dengan memberikan pelatihan kepada petugas epidemiologi lapangan beberapa waktu lalu di Payakumbuh.

"Petugas epidemiologi lapangan itu diberikan pelatihan investigasi Kejadian Luar Biasa (KLB) atau wabah terpadu dengan pendekatan One Health," katanya.

Jadi tambah Merry, selama dua bulan petugas yang mengikuti pelatihan investigasi KLB atau wabah terpadu dengan pendekatan One Health ini melibatkan institusi lintas sektor yang menggarisbawahi kolaborasi dan koordinasi antara sektor kesehatan manusia, kesehatan hewan, dan kesehatan lingkungan.

Lanjutnya, pelatihan yang diiinisiasi Indonesia One Health University Network (INDOHUN) dengan melibatkan 

stakeholder terkait itu memberikan pelatihan yang menggunakan metode pembelajaran campuran. Yakni, menggabungkan metode belajar tatap muka di kelas, praktik lapangan, dan pembelajaran jarak jauh menggunakan platform e-learning. 

"Tujuan pelatihan ini untuk meningkatkan kapasitas Indonesia dalam memperkuat sistem kesiapsiagaan secara terpadu, terutama bagi petugas epidemiologi lapangan di tingkat kabupaten/kota," katanya.

Ia berharap dengan melakukan edukasi pada masyarakat dan mengintervensi penyebaran penyakit menular dari hewan ke ... Baca halaman selanjutnya