MTA Internasional 2019, Peserta Promosi Keindahan Alam Sumbar Lewat Medsos

Mr. Ang Xi Han berpose melihat keindahan alam Sumbar dari ketinggian dan mengunggah di akun Facebook miliknya
Mr. Ang Xi Han berpose melihat keindahan alam Sumbar dari ketinggian dan mengunggah di akun Facebook miliknya (Istimewa )

PADANG, KLIKPOSITIF - Minang Trail Adventure (MTA) International 2019 yang digelar pada 19 sampai 21 Juli 2019 membawa dampak positif bagi Sumatera Barat (Sumbar) dalam promosi alamnya.

Kenapa tidak, sebanyak 700 peserta dari berbagai negara mengikuti ajang tersebut berbagi foto keindahan alam dilaman media sosial (medsos) mereka selaman kegiatan berlangsung. 

Seperti yang dilakukan Mr. Ang Xi Han, salah satu peserta Internasional dari Kedah, Malaysia dengan antusias memperlihatkan foto dirinya di daerah Tanjung Alai, Kabupaten Solok dengan pemandangan Danau Singkarak dari ketinggian. 

Baca Juga

"Ratusan peserta yang tergabung, mereka share foto - foto keelokan alam dan destinasi kita. Seperti Mr. Ang Xi Han menshare salah satu spot di akun Facebook miliknya," ungkap Kabid Pemasaran Pariwisata Sumbar, Hendri Agung Indrianto, Sabtu, 20 Juli 2019.

Menurutnya, ratusan peserta baik dari dalam dan luar negeri menyatakan kepuasannya atas keindahan alam sepanjang trek yang dilalui, terutama keindahan Danau Singkarak yang dinikmati dari ketinggian.

"Dalam obralan kami setelah menyelesaikan etape 1, Mr. Ang Xi Han mengaku puas dengan petualangannya, apalagi disambut oleh keindahan Sumbar. Dia mengaku akan datang lagi ke Sumbar bersama keluarga untuk liburan," beber Agung.

Menurutnya, salah satu hasil utama dari sebuah event dari peserta Internasional adalah promosi melalui media sosial. Mereka mempromosikan spot-spot yang menjadi nilai jual pariwisata daerah ke level Internasional.

"Keuntungan lain penginapan kita penuh, rumah makan dan toko-toko swalayan sekitar juga ramai diserbu pengunjung. Saya hampir saja tidur di mobil karena lupa boking, taunya penginapan pada penuh dan akhirnya numpang sama teman," ujarnya.

Namun ditekankan Agung perlu dijaga kebersihan dan kenyamanan agar ungahan peserta kelas dunia itu bagus. Jangan sampai, lanjutnya, unggahan mereka sampah yang bertumpuk sehingga merusak citra pariwisata Sumbar.

"Apalagi kita akan menghelat event TdS 2019 nantinya, kami berharap kerjasama semua pihak untuk menjaga kebersihan," tukasnya.

Pagi ini sabtu 20 Juli Minang Trail Adventure (MTA) memasuki hari kedua pelaksanaannya setelah kemarin menyelesaikan etape kesatu Start di Padangpanjang dan Tanah Datar, Finish di Pulau Belibis Obyek Wisata kebanggaan Kota Solok.

Untuk diketahui MTA Internasional 2019 berlangsung dari 19 sampai 21 Juli 2019 dengan tiga etape yaitu Padang Panjang, Tanah Datar, Solok, Kabupaten Solok dan Kabupaten Pesisir Selatan. Sumatera Barat.

Sebelumnya posisi start di Padang Panjang dan Batusangkar, pagi ini peserta MTA memasuki etape 2 menelusuri Taman Pramuka Pulau Belibis, Simpang Dama, Laiang, Saok Laweh, Gauang, Payangkalan, Kinari, Bukik Tandang, Tabek, Bukik Sileh, dan finish di Alahan Panjang.

Ratusan peserta dilepas langsung oleh Walikota Solok Zul Elfian. "Dampak positifnya selain promosi potensi pariwisata daerah, juga peningkatan ekonomi masyarakat dan PAD dengan penuhnya penginapan dan rumah-rumah makan serta toko-toko tempat para peserta berbelanja," ujarnya saat melepas pagi tadi. (*)

Video

Kakek yang Viral Beli Obat dengan Uang Mainan Akan Segera Umrah

YouTube channel KlikPositif.com

Penulis: Joni Abdul Kasir