Dalam Setahun, Dua Polisi di Bukittinggi Ini Telah Membuka 3 Rumah Tahfidz

"Saat ini, total muridnya telah mencapai ratusan orang"
Wisuda santri tahfidz Juz 30 ke-1, di STQ Musala Firdaus Tilatang Kamang, pada Selasa 5 Februari 2019 yang lalu. (AMC Agam)

BUKITTINGGI, KLIKPOSITIF -- Membanggakan, hanya dalam waktu satu tahun, dua personel Bhabinkamtibmas Polres Bukittinggi mampu membuka tiga rumah Tahfidz Alquran. Saat ini, total muridnya telah mencapai ratusan orang.

Kasat Binmas Polres Bukittinggi, AKP Reddy Triananto menjelaskan, rumah Tahfidz pertama yang dibuka personel, berlokasi di Musala Firdaus di Jorong Balikur Patanangan, Nagari Koto Tangah, Kecamatan Tilatang Kamang Kabupaten Agam - Sumbar pada Juli 2018.

"Yang membuka adalah Bripka Syaiful Hendra.  Pada awalnya, muridnya hanya 3 orang, kemudian naik menjadi 30 dan sampai sekarang muridnya sudah 160 orang. Di Musala Firdaus itu sudah pernah khatam Alquran sebanyak 29 orang," ujar Reddy Triananto di Mapolres Bukittinggi, Sabtu 20 Juli 2019.

Ia melanjutkan, karena antusiasnya masyarakat dengan Rumah Tahfidz, Syaiful Hendra kemudian kembali membuka lagi Rumah Tahfidz yang kedua pada Desember 2018. Lokasinya berada di SD 14 Pasia, Kecamatan Ampek Angkek Kabupaten Agam.

"Di tempat ini, sekarang muridnya sudah ada 96 orang," ucap Reddy.

Untuk yang ketiga, Rumah Tahfidz Alquran dibuka oleh Bripka Abdhal di Musala Al Ihsan di JorongTigo Jorong Nagari Batu Taba Kecamatan Ampek Kabupaten Agam pada Juni 2019. Meski baru dibuka, namun saat ini muridnya telah berjumlah 93 orang.

"Dari tiga Rumah Tahfidz ini, biaya gurunya berasal dari donatur dari luar, dan muridnya tidak dipungut biaya sepeserpun," jelas Reddy. (*)