Kebangkitan Bioskop Raya Padang, Peninggalan Belanda yang Mati Suri

"Untuk bersaing, Bioskop Raya Padang mulai bersolek dan berganti nama CGV Cinemas"
Wajah baru bioskop Raya Padang (Istimewa )

PADANG, KLIKPOSITIF - Bioskop Raya Padang yang jaya di zamannya seakan mati suri karena beratnya persaingan dengan kemunculan bioskop modern seperti Cinema XXI yang lebih nyaman dan memikat.

Untuk bersaing, Bioskop Raya Padang mulai bersolek dan berganti nama CGV Cinemas. Dengan demikian, kehadiran bioskop berjaringan yang dikelola PT. Graha Layar Prima Tbk akan tampil lebih modern dengan 4 studio.

Saat ini sudah mulai aktivitas renovasi bangunan gedung salah satu bioskop peninggalan Belanda itu.

Berdasarkan catatan Mardanas Safwan dkk dalam buku Sejarah Kota Padang, hingga dekade 1970-an masih bertahan tujuh bioskop peninggalan Belanda.


Ketujuh bioskop tersebut adalah Raya yang dulunya bernama Capitol Theatre, Karya yang dulunya Cinema, Satria, Purnama, New Rex Theatre, Padang Theatre, dan Mulia. Satu dekade berikutnya pada 1980-an, jumlah bioskop di Padang melonjak hingga 14 buah, termasuk bioskop Indah di Ulak Karang dan Terandam. 

Medio 1990-an, sejak industri perfilman Indonesia meredup dan ditambah dengan 'berkuasanya' grup 21, pemain-pemain bioskop lokal di daerah mulai kehabisan akal. Kondisi ini juga terjadi di Kota Padang, di mana perlahan bioskop-bioskop tua bertumbangan. 

Hingga masuk 2000-an, bioskop Raya masih bisa 'bernafas' meskipun terengah-engah. Melihat persaingan dunia perfilman semakin ketat, kini bioskop Raya mulai berbenah demi bertahan dalam kompetisi dengan jaringan bioskop modern.

Kabar kehadiran bioskop CGV itu mendapat sambutan baik dari kalangan remaja Kota Padang. Seperti yang diungkapkan, Dian (33), warga Dadok Tunggul Hitam, Kecamatan Koto Tangah Padang. Dia mengaku sangat senang dengan kembali dioperasikannya bioskop Raya Teater, sehingga dia tidak takut kehabisan tiket lagi untuk menonton film favorit.

"Senang dong, kalau mau nonton film terbaru tidak perlu harus antrian di bioskop yang sama, karena sudah ada banyak bioskop yang ... Baca halaman selanjutnya