Trase Disetujui Kemen PUPR, Ali Mukhni Klaim Persoalan Tol Padang-Pekanbaru Selesai

"Trase terakhir paling sedikit berdampak kepada rumah masyarakat, fasilitas umum, lahan produktif dan tanah ulayat"
Trase Tol Padang-Pekanbaru (KLIKPOSITIF/Joni Abdul Kasir )

PADANG, KLIKPOSITIF - Bupati Padangpariaman Ali Mukhni mengaku trase ketiga Tol Padang-Pekanbaru sudah disetujui Kementerian PUPR. Itu artinya pemerintah daerah tinggal melakukan proses pembebasan lahan.

"Senin kemarin kami bertemu langsung dengan perwakilan Kementerian PUPR dan sudah disetujui trase ketiga atau trase terakhir ini. Selanjutnya kami tunggu SK gubernur untuk dilaksanakan pembebasan lahan," ujarnya, Minggu, 21 Juli 2019.

Dijelaskannya, trase terakhir paling sedikit berdampak kepada rumah masyarakat, fasilitas umum, lahan produktif dan tanah ulayat.

"Iya agak mengarah ke jalan lingkar, kalau di kawasan Tarok City dibelah oleh tol, pas ditengah kawan tersebut trasenya," ungkapnya.

Sementara terkait pembebasan lahan sudah ada persetujuan dari Ninik Mamak, Kerapatan Adat Nagari (KAN) Walinagari, dan Camat yang terdampak tol. Kemudian terkait harga juga lebih tinggi dari yang ditetapkan tim appraisal sebelumnya.

"Tim appraisal yang baru sudah menetapkan harga, bahkan harga tanah berkisar satu juta perhektare. Saya yakin pemilik lahan akan sangat setuju," tutur Ali.

Menurutnya, kemajuan luar biasa terjadi dalam proses pembangunan tol Padang-Pekanbaru. Bahkan Ali Mukhni mengklaim tol dari nol hingga Tarok City telah selesai.

"Ini marwah Sumbar, Tol Padang-Pekanbaru jangan sampai gagal," tukasnya. (*)