YouTubers 'Kota Arang' Dukung Pariwisata dan World Heritage

"Sekarang sudah beralih ke era digital, seperti media sosial. Kita tidak bisa lepas dari hal ini, inovasi berbasis teknologi, jika tidak mengikuti kita akan ketinggalan"
YouTubers Yang Tergabung Dalam Komunitas CCS Foto Bersama Wali Kota Sawahlunto Deri Asta di Rumah Dinas Wali Kota Sawahlunto, Minggu 21 Juli 2019 (Muhammad Haikal/Klikpositif)

SAWAHLUNTO, KLIKPOSITIF -- Dukung promosi pariwisata dan Ombilin Coal Mining Heritage of Sawahlunto (OCMHS), puluhan YouTubers yang tergabung dalam komunitas Content Creator Sawahlunto (CCS) beraudiensi dengan Wali Kota Sawahlunto.

Wali Kota Sawahlunto Deri Asta mengatakan, kehadiran komunitas CCS untuk membuat conten yang menarik dan kreatif sejalan dengan kemajuan teknologi. Bentuk promosi apapun, lanjutnya, sekarang ini sudah berbeda, sudah mulai meninggalkan bentuk yang mainstream.

"Sekarang sudah beralih ke era digital, seperti media sosial. Kita tidak bisa lepas dari hal ini, inovasi berbasis teknologi, jika tidak mengikuti kita akan ketinggalan," katanya di Rumah Dinas Wali Kota Sawahlunto, Minggu 21 Juli 2019.

Menurut Deri, kedepannya harus ada bentuk kerjasama yang saling menguntungkan antara Pemko Sawahlunto dengan komunitas CCS ini.

"Harus ada bentuk konkrit dalam kerjasama ini, ada simbiosis mutualisme. Bukan sekedar apresiasi saja dari Pemko. Kemudian, ada target yang hendak dicapai," ujarnya.

Lebih jauh Deri menambahkan, target tersebut misalnya dalam mengangkat destinasi yang belum tergali di Sawahlunto. "Tentu bagaimana cara membungkusnya agar menarik nantinya, para creator lah yang lebih paham akan hal itu," tuturnya.

"Saat ini juga momentum yang tepat karena Sawahlunto menjadi sorotan dunia dan nusantara, dengan penetapan OCMHS oleh UNESCO," sambungnya.

Sementara itu Ketua Content Creator Sawahlunto (CCS) Amin Perwira mengatakan, ide membuat komunitas CCS ini muncul karena mulai banyaknya para YouTubers yang mengeksplorasi potensi pariwisata Sawahlunto. Saat ini, sambungnya, sudah ada 30 lebih anggota yang terdaftar di komunitas CCS.

"Itulah yang mendasari kami mendirikan komunitas CCS, sebagai wadah untuk bertukar pikiran sesama pemilik channel di YouTube. Di komunitas ini, kita membahas banyak hal baik isi conten maupun pendapatan," katanya.

Sementara ... Baca halaman selanjutnya