Harga Gambir Anjlok, Pemkab Pessel Berencana Bangun Tempat Penampungan

"dia menganggap adanya penampungan, anjloknya harga gambir bisa ditangani"
Bupati Pesisir Selatan, Hendra Joni (KLIKPOSITIF/Kiki Julnasri Priatama)

PESSEL, KLIKPOSITIF -- Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat berencana akan membangun tempat penampungan gambir dalam mensiasati anjloknya harga komoditi ini di daerah itu. Bupati Pesisir Selatan, Hendrajoni mengungkapkan, saat ini Pemkab sedang mengupayakan hal tersebut.

Sebab, dia menganggap adanya penampungan, anjloknya harga gambir bisa ditangani "Sekarang kita lagi berjuang ini, bagaimana harganya tinggi. Maka saya sampaikan, kita harus ada penampung dulu," ungkapnya di sela-sela kegiatan di Puksesmas Sutera, Sabtu lalu.

Dia menilai, anjloknya harga gambir saat ini, diantaranya karena adanya permainan calo. Sehingga dengan tingginya hasil produksi, hasil gambir petani jadi ditekan. "Karena yang beli orang India, orang India ini banyak calo-calo (atau ada orang yang menjadi perantara antara India dengan petani). Jadi dibohongi, petani kita ini," ujarnya.

Salah satu solusinya, kata Hendrajoni harus dibangun penampungan terlebih dulu. Sebab, dengan adanya penampung gambir petani bisa diatur dan calo bisa terputus. "Kalau kita kumpulkan dulu, kita bergeming sama dia (India). Dia pasti ngambil itu, inilah yang kita perjuangkan sekarang ini," katanya.

Lanjutnya, secepatnya upaya tersebut bisa terwujud. Sebab, saat ini pihak terkait sudah membahasnya dengan pemerintah pusat untuk bisa mewujudkan hal itu. "Mudah-mudahan ada pabrik di sini. Saat ini kita bekerjasama (membahas) dengan lima lementerian (pemerintah pusat)," tutupnya.

[Kiki Julnasri Priatama]