Memudahkan Layanan Kesehatan, Pemkab Pessel akan Membangun Satu RSUD Lagi

"rencana tersebut saat ini sedang proses pembebasan lahan"
Bupati Pessel Hendrajoni saat diwawancarai wartawan. (KLIKPOSITIF/Kiki Julnasri Priatama)

PESSEL, KLIKPOSITIF -- Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat akan menambah satu rumah sakit umum daerah (RSUD) lagi di daerah ini, setelah adanya dua rumah sakit seperti di Kota Painan dan wilayah selatan di Tapan.

Bupati Pesisir Selatan, Hendrajoni mengungkapkan, rencana tersebut saat ini sedang proses pembebasan lahan. Salah satu lokasi yang dilirik adalah di Kampung Kayu Kalek, Kecamatan Lengayang. Yang pertama di utara (RSUD Painan) sudah, di selatan (RSUD Pratama Tapan) sudah.

"Di tengah ini belum ada, jadi untuk mengoptimalkan kita bangun lagi," ungkapnya belum lama ini saat diwawancara.

Dia menyebutkan, adanya keinginan untuk menambah rumah sakit di daerah ini karena mengingat topografis wilayah. Sebab, dengan wilayah memanjang, daerah ini belum terjamah penuh dengan rumah sakit secara cepat. "Di tengah (atau wilayah tengah Pessel) berada di tengah laut lepas. Kalau terjadi gempa, mau kemana orang lari, ke mana orang berobat," terangnya.

Ia menjelaskan, lokasi rumah yang akan dibangun ini berada di lokasi ketinggian, dan daerah ini dikatakan juga jauh dari tepi pantai Jadi dengan alasan itu, lokasi rumah sakit ketiga ini dinilai sangat ideal untuk menjadi lokasi. "Ini semua tepi pantai, kalau bisa ini kita tangani. Kita bikin rumah sakit, di agak ketinggian. Di Kayu Kalek tanahnya bagus yang saya lihat," jelasnya.

Lanjutnya, jika pembangunan tersebut terwujud, maka rumah sakit ini akan berada di lokasi yang indah. Sebab, di wilayah ini berada di kelilingi hamparan permukiman, areal persawahan dan juga perbukitan. "Nanti kalau kita melihat ke sana, tampak rumah sakit yang indah dan bagus. Targetnya ini, kita lagi pembebasan tanah," tutupnya.

[Kiki Julnasri Priatama]