BPBD Sumbar Laksanakan Jambore PRB VI 2019 di Mentawai

"Dimulai Senin 22 hingga Jumat 26 Juli 2019, akan dibuka oleh Wakil Gubernur Sumbar Nasrul Abit"
Kepala BPBD Sumbar Erman Rahman (Istimewa )

PADANG, KLIKPOSITIF - Dalam membangun daerah yang memiliki kesiapsiagaan bencana khusus di Sumatera Barat (Sumbar), Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumbar menggelar Jambore Pengurangan Resiko Bencana (PRB) VI tahun 2019 di Mentawai.

Kegiatan yang melibatkan 400 orang dari kelompok siapa bencana (KSB) dari kabupaten dan kota ini diadakan di Desa Mapadegat, Kecamatan Sipora, Kabupaten Kepulauan Mentawai. Dimulai Senin 22 hingga Jumat 26 Juli 2019, akan dibuka oleh Wakil Gubernur Sumbar Nasrul Abit.

Kepala BPBD Sumbar Erman Rahman menyampaikan, kondisi Sumbar yang menjadi Market bencana perlu dilakukan penguatan dan peningkatan kapasitas dalam kebencanaan, baik secara kelembagaan maupun ditingkat masyarakat dalam pengurangan risiko bencana.

"Kami pilih Mentawai untuk mengasah mental para peserta yang terlibat dalam rangkaian kegiatan PRB ini," ujarnya kepada KLIKPOSITIF, Minggu, 21 Juli 2019.

Dijelaskannya, peringatan bulan PRB tahun ini mengakat tema "Tingkatkan Saiga, Kurangi Resiko Bencana Menuju Ketangguhan Masyarakat Berprinsip Inklusi". Peserta terdiri dari relawan KSB, calon KSB, TAGANA dan PMI.

"Dalam kegiatan tersebut peserta akan dibekali dengan pengetahuan kebencanaan sekaligus menguji kemampuan relawan KSB dalam penanganan bencana di lapangan. Selain, peningkatan kapasitas keilmuan juga diselenggarakan lomba manajemen posko dan ... Baca halaman selanjutnya