Bupati Hendrajoni Targetkan 5 Tahun ke Depan Seluruh Honorer K-2 Diangkat Jadi PNS dan PPPK

"Aturan sudah ada, semua sumber daya manusia lima tahun ke depan. Tidak ada lagi, yang honor nantinya"
Bupati Pessel Hendrajoni (Kiki Julnasri/Klikpositif)

PESSEL, KLIKPOSITIF -- Bupati Pesisir Selatan, Hendrajoni menargetkan lima tahun ke depan pegawai honorer K-2 di daerah ini akan diangkat PNS dan PPPK. Sebab, lima tahun ke depan pemerintah fokus pada peningkatan kapasitas sumber daya manusia (SDM).

"Aturan sudah ada, semua sumber daya manusia lima tahun ke depan. Tidak ada lagi, yang honor nantinya," ungkapnya disela-sela kegiatan di daerah itu.

Ia menjelaskan, persoalan honorer saat ini akan dituntaskan berdasarkan mekanisme rekrutmen PPPK (pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja) sesuai Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 49 Tahun 2018 tentang Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja.

"Honorer ini akan kita perjuangankan. Apakah nanti P3K, apakah jadi PNS," sebutnya.

Jika tidak, setiap honorer yang juga belum jadi PNS dan PPPK akan diberhetikan.

Ia berharap dengan adanya aturan pemerintah saat ini bisa mewujudkan cita-cita seluruh honorer, salah satunya dengan kebijakan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Sipil Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB).

"Ke depannya jadi tidak ada lagi, honorer-honorer nanti. Semua jadi pegawai P3K atau PNS semua," tutupnya.

Asisten Deputi Bidang Pengadaan Sumber Daya Aparatur Kementerian Pendayagunaan Aparatur Sipil Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB) Syamsul Rizal menyebut, apabila di tahun 2024 honorer belum juga jadi PNS, maka dipastikan akan diberhentikan.

Dia menyebut masalah honorer saat ini dituntaskan melalui mekanisme rekrutmen PPPK (pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja) sesuai Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 49 Tahun 2018 tentang manajemen Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja.

(Kiki Julnasri)