240 ASN Pessel yang Akan Memasuki Pensiun Dibekali Pelatihan Kewirausahaan

"Sehingga dengan motivasi ini, para ASN kita yang akan memasuki pensiun bisa menciptakan usaha baru"
Pelatihan wirausaha bagi ASN yang memasuki masa pensiun (Ist)

PESSEL, KLIKPOSITIF -- Sebanyak 240 Aparatur Sipil Negara (ASN) yang akan memasuki masa pensiun di lingkungan Pemkab Pesisir Selatan, Sumatera Barat mendapatkan pelatihan kewirausahaan, Senin 22 Juli 2019 di gedung Painan Convention Center (PCC).

Kepala BKPSDM, Ahda Yanuar mengatakan, pelatihan kewiraushaan bagi ASN yang akan pensiun tersebut bertujuan sebagai motivasi. Diantaranya untuk memberikan pembekalan setelah masa pensiun.

"Sehingga dengan motivasi ini, para ASN kita yang akan memasuki pensiun bisa menciptakan usaha baru. Diantaranya sebagai sampingan sambil menikmati masa-masa pensiun dengan tenang dan santai," ungkap Ahda Yanuar.

Ia menjelaskan, dari 240 ASN yang akan memasuki pensiun tersebut terdiri dari 147 guru, 12 tenaga medis, 54 perangkat daerah, 17 instansi vertikal, 2 MIN Balai Senayan, 1 dari MTsN 7 Lumpo, 1 dari MAN Koto Barapak, dari 1 MTsN Gurun Panjang, 1 dari MTsN Talaok, 1 lagi dari MTsN 12 Balai Selasa dan 3 dari MTsN Salido.

"Semua yang mengikuti pelatihan ini akan memasuki pensiun mulai 1 Agustus 2019 dan 1 Juni 2020. Jadi dari sekarang kita berikan pelatihan," terangnya.

Sementara, Sekretaris Daerah, Erizon yang membukan kegiatan ini berharap dengan adanya pelatihan dapat memberikan wawasan kepada ASN, salah satunya tidak merasa kehilangan pekerjaan setelah pensiun.

"Kami berharap setelah pensiun, setiap ASN dapat membuka usaha baru. Bila perlu membuka lapangan kerja di lingkungan tempat tinggalnya masing-masing," ujarnya.

Ia juga berterimakasih kepada setiap ASN yang telah memberikan dedikasinya untuk Pesisir Selatan. Diantaranya yang selama ini sudah mengabdikan diri tanpa kenal lelah.

"Semoga pengabdian yang telah diberikan menjadi amal ibadah. Kepada peserta juga diminta mengikuti pelatihan ini dengan serius," tutupnya.

(Kiki Julnasri)