Jelang Idul Adha 2019, Kota Solok Masih Kekurangan Hewan Kurban

"Untuk persediaan ternak kurban saat ini hanya sekitar 1.100 ekor"
Pasar Muaro Paneh Solok (KLIKPOSITIF)

SOLOK, KLIKPOSITIF -- Menghadapi Hari Raya Idul Adha 2019, Kota Solok masih kekurangan sekitar 400 ekor hewan kurban jenis ternak sapi dan kambing.

Menurut Kadis pertanian Kota Solok, Ikhvan Marosa, diperkirakan kebutuhan hewan kurban tahun ini mencapai lebih kurang 1000 ekor sapi dan 500 ekor kambing.

"Untuk persediaan ternak kurban saat ini hanya sekitar 1.100 ekor," ungkap Ikhvan Marosa, Senin 22 Juli.

Dijelaskannya, untuk persediaan sapi tercatat hanya sekitar 800 ekor dan ternak kambing lebih kurang 300 ekor.

Pihaknya berharap, kekurangan hewan kurban nantinya bakal bisa dipenuhi dari berbagai daerah tetangga, seperti Kabupaten Solok dan daerah lainnya yang memiliki stock berlimpah.

"Target pemenuhan kebutuhan kurban Kota Solok kita harap bisa terpenuhi dari pasar-pasar ternak yang ada seperti Pasar Muara Panas dan lainnya," paparnya.

Minimnya stok sapi kurban disebabkan masih rendahnya populasi sapi dan kambing yang dikembangkan oleh peternak di Kota Solok.

Untuk menjamin kesehatan hewan kurban yang akan dipotong, Dinas Pertanian juga sudah menyiapkan tim yang akan melakukan pemeriksaan.

"Kita akan berusaha seluruh hewan kurban yang masuk dan dipotong memang betul-betul aman dari penyakit berbahaya dan sehat untuk dikonsumsi," tutupnya.

(Syafriadi Puma)