Bukan Tak Dapat Izin Cuti, Ini Alasan Sebenarnya Wako Sawahlunto Batal Pergi Haji

"Izin cutinya sama sekali tidak ada masalah, kita memperoleh itu. Namun sedikit perbedaan dengan regulasi pada tahun sebelumnya, yaitu sekarang ini kepala daerah jika naik haji itu harus menggunakan biaya pribadi, tidak dibebankan pada APBD seperti dahulunya"
Wali Kota Sawahlunto Deri Asta Saat Melepas JCH Kota Sawahlunto di Masjid Agung Nurul Islam Sawahlunto (Istimewa)

SAWAHLUNTO, KLIKPOSITIF -- Wali Kota Sawahlunto Deri Asta mengatakan, batalnya dirinya untuk menunaikan ibadah haji sebagai Tim Pemandu Haji Daerah (TPHD), bukanlah tidak mendapatkan izin cuti dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), akan tetapi biaya yang dibebankan tidak boleh menggunakan APBD.

"Izin cutinya sama sekali tidak ada masalah, kita memperoleh itu. Namun sedikit perbedaan dengan regulasi pada tahun sebelumnya, yaitu sekarang ini kepala daerah jika naik haji itu harus menggunakan biaya pribadi, tidak dibebankan pada APBD seperti dahulunya," katanya di Sawahlunto, Selasa 23 Juli 2019.

Seperti diberitakan KLIKPOSITIF sebelumnya, Wali Kota Sawahlunto batal berangkat ke tanah suci Mekkah karena tidak mendapat izin.

Namun ia tidak mempermasalahkan tidak diberikan izin tersebut, ia juga menyebutkan dirinya bersama 5 Kepala Daerah lainnya di Sumbar juga tidak diberikan izin.

"Saya hormati itu, insyaallah tahun 2021 saya akan menunaikan ibadah haji karena sudah mendaftar secara reguler bersama istri," katanya saat melepas Jemaah Calon Haji (JCH) di Masjid Agung Nurul Islam Sawahlunto, Jumat 12 Juli 2019.(*)