Lewat Doodle, Google Rayakan hari Anak Nasional

"setiap huruf Google yang didesain mirip sosok anak-anak yang asik bermain"
ilustrasi (net)

KLIKPOSITIF-Google turut merayakan Hari Anak Nasional yang jatuh tepat hari ini 23 Juli 2019. Google membuat doodle yang menghiasi halaman awal pencarian.

Doodle yang ditampilkan memperlihatkan setiap huruf Google yang didesain mirip sosok anak-anak yang tengah bermain besi panjat. Dengan warna khas perusahaan teknologi asal Amerika Serikat itu, huruf Google dibuat memiliki mata, tangan, dan kaki.

Hari Anak sendiri memiliki tanggal peringatan yang berbeda-beda di setiap negara, termasuk Indonesia. Hari Anak Internasional diperingati setiap 1 Juni dan Hari Anak Universal diperingati setiap 20 November. Sementara itu di Indonesia, Hari Anak Nasional diperingati setiap 23 Juli.

Perbedaan tanggal Hari Anak Internasional dan Hari Anak Universal terjadi karena Hari Anak Internasional yang ditetapkan pada 1925 ditujukan untuk menarik perhatian dunia akan berbagai isu terkait kasus yang berdampak pada anak. Sementara itu, Hari Anak Universal ditujukan untuk menghormati hak-hak anak.

Karena hari ini adalah Hari Anak Nasional milik Indonesia, tampilan doodle sekarang hanya ditampilkan di wilayah Indonesia. Pengguna bisa menemukan berbagai berita mengenai Hari Anak dengan melakukan klik pada ikon doodle yang terpampang di halaman awal pencarian.