NASA Siapkan Orion untuk Daratkan Perempuan Pertama di Bulan

" misi ini dijadwalkan akan berlangsung pada 2024"
NASA Orion (net)

KLIKPOSITIF-NASA, Lembaga antariksa Amerika Serikat sedang mengembangkan pesawat luar angkasa berawak yang dinamakan Orion yang rencananya akan membawa wanita pertama mendara di bulan. Dilansir dari Slashgear Orion diproyeksikan menjalani misi penjelajahan ke Bulan.

Astronot yang akan menumpangi NASA Orion adalah seorang perempuan, dan misi ini dijadwalkan akan berlangsung pada 2024. Seandainya misi ini berhasil, NASA Orion diproyeksikan untuk menjalani misi lainnya, yaitu mengeksplorasi Planet Mars.

Salah satu alasan pemilihan Bulan sebagai tujuan misi ini tidak terlepas dari anggapan sebagian masyarakat yang tidak mempercayai pesawat ikonik NASA, Apollo 11, sebagai pesawat antariksa pertama yang mencapai bulan, 50 tahun silam. Seandainya NASA Orion bisa mendarat dengan selamat di satelit alami Bumi itu, NASA membuktikan bahwa mereka tidak hanya sekali saja bisa mendaratkan manusia di Bulan.

Sebagai langkah awal untuk mencapai misi ini, NASA telah mengumumkan bahwa mereka telah menyelesaikan kapsul tanpa awak Artemis 1 racikan Lockheed Martin. Nantinya, Artemis 1 bakal mengumpulkan informasi seputar Bulan yang akan dijadikan pijakan bagi Orion dalam menjalankan misinya. Orion sendiri bakal membawa astronot saat mengangkasa menuju Bulan.