PAN Merapat ke Pemerintah, Dukung Jokowi Tanpa Syarat Sikap Resmi Partai

""Pemerintahan ini bagus dan akan kita dukung tanpa syarat apa-apa, saya kira ini ada intensi PAN ke Jokowi," ujar Waketum PAN Bara Hasibuan"
Presiden Joko Widodo dan Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan (net)

KLIKPOSITIF-Wakil Ketua Umum PAN Bara Hasibuan menyebut dukungan partai yang diketuai Zulkifli Hasan ke Jokowi tanpa syarat merupakan sikap resmi partai.

"Saya ingin tegaskan statement Ketum kemarin bahwa posisi PAN ingin bergabung tanpa ada persyaratan itu merupakan sikap resmi PAN. Karena pada dasarnya kami menghormati Pak Jokowi sebagai pemenang pilpres," kata Bara di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Selasa, 23 Juli 2019 dilansir dari Suara.com.

Bara juga mengamini jika pernyataan dari Zulkfli Hasan merupakan cerminan dari sikap politik PAN yang dikabarkan akan kembali bergabung dengan koalisi Jokowi. "Ya memang arahnya ke sana dan saya rasa statement Pak Zul sudah clear. Pemerintahan ini bagus dan akan kita dukung tanpa syarat apa-apa, saya kira ini ada intensi PAN ke Jokowi," ujar Bara.

Sebelumnya, Ketua Dewan Kehormatan PAN Amien Rais menyebut harus ada pembagian porsi 55:45 sebagai syarat terciptanya rekonsiliasi antara Prabowo Subianto dan Joko Widodo.

Menanggapi itu, Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan menunjukan perbedaan sikap. Politikus yang akrab disapa Zulhas itu menyebut PAN mendukung Jokowi selaku presiden terpilih periode 2019-2024 untuk memimpin Indonesia ke depan. Dalam dukungannya itu, lanjut Zulkifli, tidak ada syarat apapun dari PAN.

"Enggak pakai syarat-syarat, ingat yang berdaulat itu rakyat, rakyat itu yang sudah memberikan kedaulatan kepada presiden terpilih, siapa yang berdaulat? Pak Jokowi sebagai kepala pemerintahan dan kepala negara," sambungnya.

Zulkifli mengatakan, Jokowi sebagai presiden terpilih juga mempunyai hak prerogatif untuk menentukan kabinet atau posisi menteri setingkat lainnya.