Pemerintah Perbaiki Rumah Warga Korban Gempa Palu di Nagari Gurun Tanah Datar

"Afrianto merupakan warga korban gempa dan tsunami yang terjadi di Palu Sulawesi Tengah tahun lalu"
Tim Tagana dan TKSK Kecamatan Sungai Tarab di depan rumah Afrianto yang direhab melalu program Gapura Mantap (ist)

TANAH DATAR, KLIKPOSITIF -- Rumah Afrianto (34 tahun), warga Jorong Luhak, Nagari Gurun, Kecamatan Sungai Tarab, Tanah Datar, direhab pemerintah daerah melalui program Gerakan Pugar Rumah Masyarakat Tidak Mampu (Gapura Mantap).

“Afrianto merupakan warga korban gempa dan tsunami yang terjadi di Palu Sulawesi Tengah tahun 2018 lalu," kata Kepala Dinas Sosial Tanah Datar Yuhardi di Batusangkar, Selasa 23 Juli 2019.

Yuhardi menyebut Pemkab Tanah Datar sebelumnya juga telah memberikan bantuan dana sebesar Rp10 juta untuk biaya transpor pesawat, dan modal usaha sebesar Rp2,6 juta. Menurutnya, program Gapura Mantap merupakan inovasi dari Dinas Sosial Tanah Datar yang dilaunching pada 2017 dalam upaya mengentaskan dan mengurangi rumah masyarakat yang tidak layak huni.

Selama 2018 Program Gapura Mantap telah menyelesaikan pugar rumah sebanyak 625 buah dan pada 2019 direncanakan sebanyak 1.120 buah, serta target sampai 2021 sebanyak 3.458 buah.

Ia mengapresiasi dukungan semua pihak, perantau, dan masyarakat yang membantu baik moril maupun materil yang bekerja secara swadaya ikhlas," tuturnya.

Kasi Bantuan dan Jaminan Sosial Dinas Sosial Tanah Datar Zainal Abidin menyampaikan terima kasih kepada tim Taruna Siaga Bencana (Tagana) bersama Pelopor Perdamaian Kabupaten Tanah Datar yang melakukan aksi terjun langsung membantu pembangunan rehab rumah masyarakat.

Zainal menambahkan, kegiatan itu berkat bantuan Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK) Sungai Tarab, karena berkat laporannya tim Tagana langsung turun ke lapangan.

“Rehab rumah Afrianto dibantu berupa material dan bahan bangunan melalui APBN Nagari Gurun sebesar Rp.15 juta dan tim membantu untuk turut serta membangun dengan bertukang memasang atap, dinding ataupun lainnya,” tuturnya.
Sementara itu, Afrianto didampingi istrinya Zulandriani menyampaikan terima kasih atas bantuan dan perhatian pemerintah kepada ... Baca halaman selanjutnya