Danrem: Bulan Depan Pengerjaan Trans Mentawai Dimulai

"kami menyususun organisasi, kami menyiapkan personel satu kompi komposit dari aspek teknik. Target waktu pengerjaan sampai akhir tahun 2019 ini dengan panjang 29 kilometer, dengan lebar jalan sekitar delapan hingga 10 meter"
Ilustrasi (Net)

PADANG, KLIKPOSITIF -- Pengerjaan trans Mentawai yang dicanangkan sejak beberapa waktu lalu akan dilaksanakan pada Agustus 2019.

Hal tersebut disampaikan oleh Komandan Resort Militer (Danrem) 032 Wirabraja, Brigjen TNI Kunto Arief Wibowo, Selasa, 23 Juli 2019.

Ia mengungkapkan bahwa pihaknya telah melakukan nota kesepahaman dengan Balai Pelaksanaan Jalan Nasional (BPJN) III Padang beberapa waktu lalu.

"Proses pergeseran alat ini sedang dilakukan, target enam sampai delapan alat akan kami kirim. Kemudian personel juga kami bawa. Setelah itu baru nanti pembagian tugas sama pengukuran yang diikuti dengan dari oleh BPJN III Padang," ujarnya.

Menurutnya, keterlibatan TNI Angkatan Darat dalam proses pembangunan trans Mentawai dimulai dari pembukaan lahan hingga hal teknis. Proses ini juga disinergikan dengan berkoordinasi dengan pemerintah.

"Jadi teknis ada dan dari pemerintah juga ada. Peran TNI dalam pembangunan jalan trans Mentawai ini kami melakukan pengerjaan. Proses sudah selesai perencanaan, kami peninjauan, kami survei, kami pastikan dan mengerjakan menimalisir kekurangan," lanjutnya.

Sebelumnya, pengerjaan jalan trans Mentawai ini merupakan kerja sama TNI Angkatan Darat bersama Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan.

Kemudian dari tingkat Komando Daerah Militer (Kodam) I Bukit Barisan menyerahkan sepenuhnya kepada Korem 032 Wirabraja.

"Setelah itu kami menyususun organisasi, kami menyiapkan personel satu kompi komposit dari aspek teknik. Target waktu pengerjaan sampai akhir tahun 2019 ini dengan panjang 29 kilometer, dengan lebar jalan sekitar delapan hingga 10 meter" lanjutnya.

Meskipun begitu, keseluruhan panjang ruas jalan trans Mentawai dalam program ini mencapai 180 kilometer. Akan tetapi, terget di tahun 2019 ini baru direncanakan rampung sepanjang 29 kilometer saja.

"Tapi kalau mungkin ini bagus dan memenuhi standar, bisa dilanjutkan, ya tentu kami ... Baca halaman selanjutnya