Gubernur: Ayo Berkunjung ke Sumbar Menikmati Ragam Wisata Tak Kalah Bagus dari Luar Negeri

"Kita harus gencar melakukan promosi serta mengajak orang untuk berlibur ke Sumbar. Tawaran keindahan, kuliner dan budaya kita kepada mereka"
Jam Gadang Bukittinggi (KLIKPOSITIF/Yulisman )

PADANG, KLIKPOSITIF - Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno mengatakan terus mempromosikan pariwisata daerahnya setiap kegiatan dan pertemuan dengan orang di luar Sumbar, baik tamu dari dalam maupun luar negeri, baik itu akademisi, mahasiswa maupun pengusaha.

"Kita harus gencar melakukan promosi serta mengajak orang untuk berlibur ke Sumbar. Tawaran keindahan, kuliner dan budaya kita kepada mereka," ujarnya, Selasa, 23 Juli 2019 di Padang.

Menurutnya, Sumbar punya segalanya, kuliner ada Randang yang telah diakui dunia. Kemudian dari objek wisata seperti di Bukittinggi ada Jam Gadang peninggalan Belanda.

"Jam Gadang yang mirip Big Ben yang ada di London. Ngarai Sianok seperti yang ada di Amerika, selain itu juga ada Janjang Seribu seperti yang ada di China, jadi kalau pergi ke Bukittinggi dapat tiga negara sekaligus," ungkapnya.

Selanjutnya, berkunjung ke Sumbar bisa merasakan sensasi Kelok Sembilan yang memiliki tingginya sepuluh kali yang ada di Jakarta. Termasuk panjangnya, bisa sepuluh kali dari itu yang letaknya di tengah hutan. "Itupun hanya ada Sumbar,” tutur Irwan Prayitno.

Setelah itu, juga ada Negeri Terindah di Dunia terletak Pariangan Tanah Datar yang juga mempunyai rumah gadang, rumah adat Minangkabau yaitu Istano Basa Pagaruyuang.

Tak kalah cantik, Sumatera Barat juga punya Kawasan Wisata Mandeh yang merupakan Raja Ampatnya Sumatera, Jaraknya dekat dari Padang, hanya satu setengah jam.

"Belum lagi Mentawai memiliki banyak menyajikan pantai-pantai berpasir putih yang alami di bawah kerimbunan pohon-pohon kelapa yang tinggi. Menjadi magnet bagi lebih 7 ribu peselancar dari penjuru dunia yang selalu datang setiap musim ombak yang tak boleh dilewatkan bila berkunjung ke Mentawai," ajaknya.

Ditambahkannya, "Apalagi banyak para turis asing yang ingin berselancar disana, karena Mentawai terkenal memiliki ombak yang menantang setinggi 5-6 meter dengan gulungan yang indah. ... Baca halaman selanjutnya