Satu JCH Embarkasi Padang Wafat di Rumah Sakit Al Anshar Madinah

"Satu orang Jamaah Calon Haji (JCH) Embarkasi Padang asal Dharmasraya meninggal dunia di Rumah Sakit Al Anshar Madinah, Senin (22/7) sekitar pukul 14.40 waktu Madinah"
Ilustrasi/KLIKPOSITIF (Istimewa )

PADANG, KLIKPOSITIF - Satu orang Jamaah Calon Haji (JCH) Embarkasi Padang asal Dharmasraya meninggal dunia di Rumah Sakit Al Anshar Madinah, Senin (22/7) sekitar pukul 14.40 waktu Madinah.

Kepala Bidang Penerimaan dan Pemberangkatan Haji Kemeneterian Agama Sumbar, Hami Mulyawan mengatakan, JCH yang wafat bernama Suhari Abu Subari Bin Sumbari, usia 87 tahun no. Pasport C3762197 asal Jorong Koto Bakti Kurnia Selatan, Sungai Rumbai Kabupaten Dharmasraya.

"Innalillahiwainnailahirojiun, memang satu orang Jamaah kita meninggal dunia di Madinah kemarin siang waktu Madinah," ucapnya, Rabu, 24 Juli 2019.

Lebih lanjut, Hami menyebut, JCH tersebut tergabung dalam Kloter XIV Embarkasi Padang gabungan JCH Dharmasraya dan Kota Padang yang baru diberangkatkan pada Jumat (19/7) lalu. Jenazahnya sudah disemayamkan, ia meninggal karena faktor usia, sebelum dibawa ke RS almarhum sempat mengalami sesak nafas.

"Mari sama-sama kita doakan semoga segala amalan diterima Allah SWT, kita yakin niatnya untuk ibadah sudah sampai apalagi meninggalnya dalam masa melaksanakan ibadah, di samping itu kami juga berharap keluarga yang kampung halaman untuk tabah dan mengiklaskan serta mendoakan almarhum," ucap Hami sembari membaca aamiin.

Sementara itu, Plt. Kabid Pembinaan Haji dan Umroh (PHU) Kanwil Kemenag Sumbar, Efrizal mengatakan, nantinya ahliwaris akan menerima asuransi dan penyerahan perlengkapan koper almarhum di kampung halaman.

Kemudian, karena CJH meninggal sebelum di arafah maka almarhum akan badal haji (digantikan proses hajinya).

"Perlengkapan dan tas almarhum nantinya akan diserahkan langsung pihak Kemenag ke rumah ahliwaris bersamaan di samping itu juga penyerahan asuransi, mari sama kita berdoa almarhum," ujar Efrizal. (*)