KPU Padang Belum Juga Tetapkan Anggota DPRD Terpilih, Ini Alasannya

"Karena ada sengketa hasil Pileg di MK, maka kursi perolehan kursi legislatif belum bisa ditetapkan"
Ilustrasi/KLIKPOSITIF (KLIKPOSITIF/Joni Abdul Kasir )

PADANG, KLIKPOSITIF - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Padang belum menetapkan anggota DPRD terpilih periode 2019-2024, mereka baru akan menetapkan jadwal penetapan tersebut dalam waktu dekat. Pasalnya pihak terkait masih menunggu putusan Mahkamah Konstitusi (MK) perihal Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU).

Ketua KPU Kota Padang, Riki Eka Putra mengatakan, meski perolehan suara partai politik pada Pemilu 2019 sudah diumumkan. Namun, karena ada sengketa hasil Pileg di MK, maka kursi perolehan kursi legislatif belum bisa ditetapkan.

Riki menjelaskan, penundaan penetapan disebabkan adanya gugatan oleh Partai NasDem ke Mahkamah Konstitusi.

"Kami harus menunggu keputusan MK terlebih dahulu terkait gugatan PHPU tersebut," ujarnya, Rabu, 24 Juli 2019.

Diterangkannya, gugatan PHPU terhadap KPU Padang dilakukan Partai NasDem di Daerah Pemilihan (Dapil) Padang 1 (Koto Tangah).

"Karena mahkamah konstitusi belum mengeluarkan putusan terkait perkara sengketa yang diajukan oleh partai Nasdem," kata dia.

Berdasarkan info yang diterimanya dari DPRD Padang, sekretariat sudah mempersiapkan rencana pelantikan pada 6 Agustus 2019 mendatang.

Seperti periode 2014-2019, juga dilantik pada 6 Agustus, sehari jelang peringatan HUT Padang. Artinya agenda pertama anggota DPRD Padang adalah paripurna istimewa HUT Padang.

Seperti diketahui, jika mengacu pada hasil rekapitulasi suara pemilu legislatif Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Padang, Partai Gerindra berhasil meloloskan 11 Calon Anggota Legislatif (Caleg)-nya ke DPRD di daerah itu. Dengan hasil tersebut, maka kader Gerindra akan merebut jabatan kursi Ketua DPRD. (*)