Dinas Pendidikan Sawahlunto Unggulkan TK Tunas Melati di LSS Tingkat Provinsi

"Memang kita berharap ke empatnya bisa menjadi nominasi provinsi, TK Tunas Melati yang kita unggulkan dilihat dari kesiapannya, karena juara 1 otomatis akan mewakili provinsi ke tingkat nasional"
Sekretaris Dinas Pendidikan Kota Sawahlunto Supar Saat Menandatangani Komitmen Bersama Untuk Lomba Sekolah Sehat (Muhammad Haikal/Klikpositif)

SAWAHLUNTO, KLIKPOSITIF -- Sekertaris Dinas Pendidikan Kota Sawahlunto, Supar mengatakan, pihaknya mengirimkan 4 sekolah terbaik untuk mengikuti Lomba Sekolah Sehat (LSS) ke tingkat provinsi. Ke 4 sekolah tersebut terbaik di LSS tingkat kota yang digelar pada Februari 2019 lalu.

Ia menambahkan, 4 sekolah tersebut diwakili oleh setiap tingkatan, yakni mulai dari Taman Kanak-kanak (TK), Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Sekolah Menengah Atas (SMA).

"Untuk TK diwakili oleh TK Tunas Melati di Kecamatan Talawi, SD diwakili SDN 19 Santur, kemudian SMP diwakili MTsN 2 Sawahlunto di Kecamatan Barangin dan SMA diwakili SMAN 1 Sawahlunto di Kecamatan Lembah Segar," katanya di Sawahlunto, 24 Juli 2019.

Menurutnya, dari seluruh sekolah yang mewakili Kota Sawahlunto ini, dilihat dari kesiapan sekolah, TK Tunas Melati yang paling diunggulkan. "Memang kita berharap ke empatnya bisa menjadi nominasi provinsi, TK Tunas Melati yang kita unggulkan dilihat dari kesiapannya, karena juara 1 otomatis akan mewakili provinsi ke tingkat nasional," ujarnya.

Lebih jauh, ia menambahkan, semua itu akan terwujud dengan kerjasama stakeholder yang sangat berhubungan dengan sekolah sehat ini, yakni Dinas Kesehatan, Dinas Pendidikan, Dinas Lingkungan Hidup dibawah koordinasi Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Sekretariat Daerah Kota (Setdako) Sawahlunto.

"Indikator penilaian sekolah sehat itu terpenuhinya trias UKS, yaitu pendidikan kesehatan, pelayanan kesehatan dan pembinaan lingkungan sekolah sehat. Jika indikator tersebut terpenuhi, maka semakin tinggi persentase semakin besar untuk bisa juara," tuturnya.

"Pada minggu ke 3 Agustus mendatang akan datang tim penilai dari provinsi. Kita berharap, untuk LSS ke tingkat nasional ada salah satunya dari Sawahlunto," harapnya.(*)