Perjalanan Mobil Listrik Terpanjang Dunia Berakhir di Selandia Baru

Wiebe Wakker berangkat dari Belanda pada Maret 2016 dalam
Wiebe Wakker berangkat dari Belanda pada Maret 2016 dalam "Blue Bandit" untuk menunjukkan potensi transportasi berkelanjutan (net)

KLIKPOSITIF - Seorang advokat Belanda menyelesaikan perjalanan terpanjang dalam sebuah kendaraan listrik di Selandia Baru, setelah perjalanan tiga tahun yang membawanya melalui lebih dari 30 negara, Jumat (19/7).

Wiebe Wakker berangkat dari Belanda pada Maret 2016 dalam "Blue Bandit" untuk menunjukkan potensi transportasi berkelanjutan, yang didanai oleh sumbangan dari mereka yang mengikuti perjalanannya di media sosial.

baca juga: Arab dan Rusia Sepakat Pangkas Produksi, Harga Minyak Terus Naik

"Saya ingin melakukan yang terbaik untuk mempromosikan teknologi ini dan menunjukkan bahwa keberlanjutan adalah cara transportasi yang layak," kata Wakker kepada awak media.

"Saya ingin melakukan sesuatu yang benar-benar berbicara pada imajinasi yang mengendarai mobil listrik dari Amsterdam ke belahan dunia lain untuk menunjukkan bahwa itu dapat dilakukan," tuturnya.

baca juga: Ada Penampakan UFO saat Peluncuran SpaceX?

Perjalanan sejauh 101.000 km (62.800 mil) membawa Wakker melewati Eropa Timur, Iran, India, Asia Tenggara, sebelum melakukan perjalanan keliling sebagian besar Australia dan menyeberang ke Selandia Baru.

Wakker memberikan pembaruan rutin di blog dan media sosialnya sepanjang perjalanan, merinci mengunjungi produsen mobil terbesar Iran di Teheran, gangguan di pulau Jawa, Indonesia dan kunjungan ke pedalaman Australia dan Uluru yang terkenal di dunia.

baca juga: Dukung Aksi AntiRasisme, Call of Duty Tunda Rilisan Terbaru

Dilansir dari laman reuters, perjalanan itu mengandalkan dukungan dari orang asing di seluruh dunia yang menawarkan makanan untuk pelancong, tempat tinggal dan sarana penting untuk mengisi daya mobilnya di sepanjang jalan.

Penulis: Fitria Marlina