Wabup Minta Pengurus KPPI Agam Maksimalkan Fungsi dan Peran

"Saya minta eksistensi KPPI bisa merubah pola pikir masyarakat, bahwasannya hak antara laki-laki dan perempuan dalam berpolitik adalah sama,"
Wabup Agam melantik pengurus KPPI Agam (Ist)

AGAM, KLIKPOSITIF -- Wakil Bupati Agam Trinda Farhan Satria melantik 39 pengurus Kaukus Perempuan Politik Indonesia (KPPI) Kabupaten Agam periode 2019-2024, Senin (29/7) di Hotel Sakura Syariah, Lubuk Basung.

Hadir pada kesempatan itu, Wakil Ketua DPD KPPI Provinsi Sumbar, Yasnida Syamsudin, Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Provinsi Sumbar, Besri Rahmad, Kepala Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan Dan Perlindungan Anak, (DPP KB PP dan PA) Kabupaten Agam, Retmiwati, Bundo Kanduang Kabupaten Agam Rosmiati.

Wakil Bupati Trinda Farhan mengucapkan selamat atas terbentuknya kepengurusan KPPI yang baru. Wabup meminta, pengurus yang baru dapat memaksimalkan lagi fungsi serta peranan KPPI Kabupaten Agam sebagai penyalur ispirasi perempuan di bidang politik.

"Saya minta eksistensi KPPI bisa merubah pola pikir masyarakat, bahwasannya hak antara laki-laki dan perempuan dalam berpolitik adalah sama, termasuk dalam mengambil kebijakan memperjuangkan aspirasi," ujar wabup.

Wabup menekankan, bahwa kiprah seorang perempuan dalam menyuarakan aspirasi bukan hanya berpolitik saat duduk di legislatif, tapi perempuan bisa berpartisipasi bagi ruang publik luas.

Di Kabupaten Agam, secara bertahap keterwakilan kaum perempuan di legislatif tahun 2019 mengalami peningkatan yang cukup signifikan dibanding 2014.

"Kalau tidak ada halangan, tanggal 7 Agustus ini ada empat orang yang akan dilantik, sementara 2014 lalu hanya satu orang. Ini menunjukkan bahwa peningkatan pendidikan politik kaum perempuan di Agam semakin baik, " tambah wabup. (rel)