Warisan Budaya Dunia Ombilin Sawahlunto Dikelola Badan Warisan Alam Dunia

"Selain itu, perlu disusun rencana aksi diikuti program, kegiatan dan anggaran pusat dan daerah untuk diusulkan dalam RPJMN 2020-2024"
Tambang Batubara Ombilin Sawahlunto (KLIKPOSITIF/Haikal )

PADANG, KLIKPOSITIF - Sekretaris Daerah Provinsi Sumatera Barat Alwis mengatakan, Warisan Tambang Batubara Ombilin Sawahlunto (WTBOS) akan dikelola oleh badan tersendiri. Badan tersebut diberi nama Badan Pengelola Warisan Alam Dunia, Warisan Budaya Dunia dan Warisan Budaya Takbenda Dunia.

Selain itu, perlu disusun rencana aksi diikuti program, kegiatan dan anggaran pusat dan daerah untuk diusulkan dalam RPJMN 2020-2024.

"Jadi hasil pertemuan dengan Kementerian kemarin (29/7) diusulkan nama badannya, Badan Pengelola Warisan Alam Dunia, Warisan Budaya Dunia dan Warisan Budaya Takbenda Dunia dengan susunan Ketua Tim Pengarah Menko PMK dan Anggota Menteri/Kepala Lembaga terkait, Pemerintah Daerah terkait dan unsur masyarakat," ujarnya, Selasa, 30 Juli 2019.

Disampaikannya, Badan tersebut nantinya berada langsung di bawah Kementrian Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemko PMK). Pembentukan badan tersebut disepakati dari pertemuan Gubernur Irwan Prayitno dengan Kemenko PMK Senin (29/7) di Ruang Rapat lantai 7 Kemenko PMK.

"Karena sifatnya koordinasi antara sejumlah lembaga, maka pengelolaan WTBOS itu dibawah Kemenko PMK. Nanti akan dibentuk badan tersendiri yang akan bekerja melibatkan pemerintah daerah," sebutnya. 

Diungkapkannya, selain menyepakati terbentuk badan tersendiri. Dalam pertemuan itu juga diputusakan sejumlah kesepakatan. Diantaranya
seluruh Kementerian/Lembaga terkait PT. Bukit Asam dan PT. Kereta Api Indonesia pemerintah provinsi dan Kabupaten/Kota terkait di Sumbar diminta mendukung WTBOS paska penetapan sebagai Warisan Budaya Dunia.

Kemudian, perlunya peraturan dalam bentuk Perpres atau Kepres tentang Koordinasi Pengelolaan Warisan Alam Dunia, Warisan Budaya Dunia dan Warisan Budaya Takbenda Dunia. Perlu segera dibentuk Badan Pengelola Warisan Alam Dunia, Warisan Budaya Dunia dan Warisan Budaya Takbenda Dunia yang memuat ... Baca halaman selanjutnya