BNNK Pasbar Bekuk Seorang Kurir Narkoba

"Satu paket besar ganja kering diamankan petugas"
Kepala BNNK Pasbar, Irwan Effenry, jelaskan kronologis penangkapan kurir narkoba, saat konferensi Pers di Simpang Empat, Selasa (30/7) sore. (KLIKPOSITIF/Irfan Pasaribu)

PASAMAN BARAT, KLIKPOSITIF -- Satu paket besar ganja kering diamankan Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) Pasaman Barat (Pasbar) dari seorang pemuda di Kecamatan Sasak Ranah Pasisie pada Senin (29/7) kemaren.

"Pemuda tersebut diketahui bernama Arlen (27) yang merupakan warga Jorong Sukajadi, Nagari Persiapan Maligi, Kecamatan Sasak Ranah Pasisia," ucap Kepala BNNK Pasbar, Irwan Effenry, saat konferensi Pers di Simpang Empat, Selasa (30/7) sore.

Sambungnya, pelaku diamankan petugas di Bancah Galinggang, Nagari Persiapan Maligi, Kecamatan Sasak Ranah Pasisia. Dari tangan pelaku diamankan ganja kering seberat 319 gram.

Selain itu, turut disita satu unit sepeda motor jenis matic, merk Beat warna hitam kuning yang digunakan pelaku saat ditangkap petugas.

Irwan menceritakan, penangkapan pelaku bermula dari informasi yang diterima pihaknya bahwa pelaku akan melakukan transaksi narkoba. "Atas laporan itu kami bergerak cepat untuk melakukan pengintaian dan penangkapan," ujarnya.

Menurut keterangan pelaku, ganja kering tersebut bukan miliknya. Dia mengaku bertugas sebagai kurir dan barang bukti tersebut milik bernama Sandra (27) yang juga warga Maligi. Selain itu pelaku juga menjelaskan, bahwa ganja yang beredar di Maligi berasal dari Nagari Ujung Gading.

Atas pengakuan tersangka Arlen itu, petugas saat ini sedang memburu pelaku Sandra. "Pelaku Sandra sudah ditetapkan dalam Daftar Pencarian Orang (DPO)," ungkapnya.

Saat ini, tersangka Arlen diamankan sementara di Mako Polres Pasbar untuk kepentingan penyidikan. "Akibat perbuatannya, dia diancam Pasal 111 dan 114 dengan ancaman kurungan penjara 4 tahun penjara," tutup Irwan.

[Irfan Pasaribu]