1.800 Ekor Sapi Disebar di 17 Kecamatan Padang Pariaman Untuk Kebutuhan Kurban

"Jumlah tersebut mampu untuk memenuhi kebutuhan 103 Desa di Padang Pariaman"
Ilustrasi (Net)

PADANGPARIAMAN, KLIKPOSITIF -- Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Padang Pariaman, Bustanil Arifin menyatakan untuk tahun ini ada sebanyak 1.800 ekor sapi yang disebar pada 17 Kecamatan untuk kebutuhan Idul Adha.

"Jumlah tersebut mampu untuk memenuhi kebutuhan 103 Desa di Padang Pariaman," kata Bustani pada Klikpositif.com, Rabu 31 Juli 2019.

Terkait ketersediaan sapi kurban untuk kawasan Padang Pariaman, Arifin mengaku, wilayah Padang Pariaman merupakan kawasan sentral peternakan sapi.

"Bahkan peternakan sapi di Padang Pariaman menjadi pemasok hewan kurban untuk kawasan lain, " sebut Arifin.

Diketahui, Padang Pariaman memang merupakan sentral hewan ternak terbesar, akses jual beli hewan ternak tersebar di beberapa titik pasar ternak.

"Jadi untuk stok kita tidak perlu cemas, hingga hari ini cukup. Namun terkait itu perihal kesehatan hewan kurban yang kami fokuskan," kata Arifin.

Untuk saat ini, pihaknya telah menurunkan 34 petugas untuk memantau kesehatan 1.800 ekor sapi itu. "34 petugas kami lakukan patroli kesehatan hewan kurban di tip-tiap kecamatan, " ungkapnya.

"Nah jika ditemukan sapi kurban yang terjangkit penyakit sebelum disembelih, maka eksekusi penyemblihan dilarang. Namun jika ditemukan sapi terjangkit virus atau adanya cacing pada daging setelah disembelih, maka daging harus dibuang, tak boleh dimakan, " jelas Bustanil Arifin. (Rehasa)