Pasar Batusangkar Segera Dibangun dengan Anggaran Puluhan Miliar, Kemana Pedagang Diungsikan?

"Untuk sementara para pedagang akan ditampung di sekitar Pasar Papan Batusangkar dengan dibangun tempat berdagang sementara"
Pasar Batusangkar yang akan dibangun lebih modern. Area lampiran (KLIKPOSITIF/ Irfan Taufik)

TANAH DATAR, KLIKPOSITIF -- Pasar Batusangkar pada awal 2020 akan dibangun dengan anggaran Rp50 miliar, maka Dinas Koperasi, Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Tanah Datar melakukan sosialisasi kepada pedagang.

"Untuk sementara para pedagang akan ditampung di sekitar Pasar Papan Batusangkar dengan dibangun tempat berdagang sementara," kata Kepala Dinas Koperindag Marwan di Batusangkar, Rabu 31 Juli 2019.

Marwan menyebut ada sebanyak 88 kios dan 180 lapak yang akan terkena dampak pembangunan Pasar Batusangkar.

Saat ini pihaknya tengah menyiapkan Detail Enginnering Design (DED), analisa dampak lingkungan (Amdal) dan analisa dampak lingkungan lalu lintas (Amdal lalin) serta izin-izin terkait lainnya.

Dalam desain, jelas Marwan, direncanakan pasar dibangun berlantai dua terdiri dari 150 unit kios dan 300 lapak yang diharapkan dapat menampung para pedagang yang saat ini menggelar dagangannya tidak pada tempat selayaknya, seperti di trotoar, di depan kios, di pinggir jalan dalam pasar dan sebagainya.

"Pembangunan pasar berasal dari anggaran Kementerian PUPR, jika seluruh perizinan dan persyaratannya selesai, maka kita dapat langsung melaksanakan tender," katanya.

Salah seorang Pedagang Pasar Barusangkar, Faisal menyampaikan sangat mendukung rencana pembangunan Pasar Batusangkar tersebut.

"Kita bersyukur pemerintah akan membangun pasar yang lebih bagus dan modern sehingga dapat meningkatan perekonomian masyarakat khususnya pedagang," tutur Pemilik Toko Buku 786 ini. (irfan taufik)