Prodi Kuliner Minang Kerja Sama Pemko Payakumbuh dan UNP Mulai Terima Mahasiswa

Rektor UNP Ganefri dan Wawako Payakumbuh Erwin Yunaz.
Rektor UNP Ganefri dan Wawako Payakumbuh Erwin Yunaz. (KLIKPOSITIF/Taufik Hidayat)

PAYAKUMBUH , KLIKPOSITIF -- Rektor Universitas Negeri Padang Ganefri mengungkapkan, bahwa semester ini pihaknya sudah menerima mahasiswa baru untuk program studi (prodi) tata boga konsentrasi kuliner minang yang merupakan kerja sama antara UNP dengan Pemerintah Kota (Pemko) Payakumbuh .

"Tahun ini masih di bawah program studi tata boga tapi dengan konsentrasi kuliner minang kerja sama antara Pemko Payakumbuh dengan UNP . Sampai sejauh ini sudah ada 122 orang yang mendaftar, kita ambil 30 orang, dua kelas pratikum," kata Ganefri saat hadir pada pembukaan pelaksanaan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat di sentra IKM Randang, Padang Kaduduak, Kecamatan Payakumbuh Utara, Rabu 31 Juli.

baca juga: PSBB Jilid III, Camat Payakumbuh Selatan Siap Disiplinkan Warga di 6 Kelurahan

Dijelaskan Ganefri, pembukaan prodi kuliner minang tersebut bertujuan untuk menyiapkan tenaga vokasi yang handal.

"Ini nanti lulusannya jadi pakar kuliner minang dan akan kita sebar
jadi enterpenur untuk jadi pengusaha. Jadi kita menyiapkan mereka sebagai createworker atau pencipta lapangan pekerjaan," katanya.

baca juga: Ratusan Personel TNI dan Tim Gugus Penanganan COVID-19 di Payakumbuh Siap Kawal PSBB Jilid III

Sementara itu, Wakil Wali Kota Payakumbuh Erwin Yunaz menyambut baik pembukaan prodi kuliner minang yang disebutnya sejalan dengan program branding Kota Payakumbuh sebagai Kota Randang.

"Sebagai Kota Randang, nanti orang akan belajar rendang dan mereka butuh institusi yang terakreditasi dan kita sudah bekerja sama dengan UNP . Di sini sudah ada prodi, dan Alhamdulillah dari satu kelas yang kita buka peminatnya," katanya.

baca juga: BLT COVID-19 APBD Kota tak Kunjung Cair, Riza Minta Warga Payakumbuh Bersabar

Menurut Erwin Yunaz , dengan dibukanya prodi kuliner minang di UNP maka langkah untuk menjadikan Payakumbuh sebagai kota industri kuliner semakin mendekati kenyataan.

"Karena itu kita akan selalu berupaya membenahi sentra rendang kita ini," pungkasnya kemudian. (*)

baca juga: Kabar Baik, 2 Pasien Positif COVID-19 di Payakumbuh Sembuh

Penulis: Taufik Hidayat