Pelaku Jambret di 7 TKP Bukittinggi Dibekuk di Tanah Datar

"Pelaku yang berinisial S (32) itu merupakan residivis dalam kasus yang sama di wilayah Sumatera Utara"
Pelaku jambret dibekuk polisi Bukittinggi (KLIKPOSITIF/Haswandi)

BUKITTINGGI, KLIKPOSITIF -- Seorang pelaku jambret yang beraksi di 7 lokasi di Kota Bukittinggi - Sumbar dibekuk Tim Khusus Polres Bukittinggi, Rabu 31 Juli 2019. Pelaku yang merupakan warga asal Medan dibekuk di rumah kontrakannya di kawasan Sungai Tarab, Kabupaten Tanah Datar sekitar pukul 08.30 WIB.

Menurut Kapolres Bukittinggi AKBP Arly Jembar Jumhana, pelaku yang berinisial S (32) itu merupakan residivis dalam kasus yang sama di wilayah Sumatera Utara.

"Dari hasil pengakuannya dan pengembangan kita, ternyata di wilayah hukum kita (Polres Bukittinggi) dia sudah melakukan di 7 TKP (Tempat Kejadian Perkara), dua tempat di Garegeh, kemudian dua di Bypass, Biaro, Tanjung Alam dan Kamang," ujar Kapolres Bukittinggi saat menggelar jumpa pers di Mapolres Bukittinggi, Rabu 31 Juli 2019.

Kapolres mengatakan, tersangka S merupakan pemain tunggal, dan seluruh korbannya di Bukittinggi merupakan ibu-ibu. Meski demikian, Kapolres berjanji akan terus mengembangkan kasus ini terkait kemungkinan adanya pelaku atau komplotan lainnya.

Kapolres menjelaskan, dalam melakukan aksinya tersangka menggunakan sepeda motor Yamaha Vixion dengan nomor polisi BK 2779 PAN. Terbaru, tersangka beraksi di Jalan Bypass Bukittinggi pada Minggu 28 Juli 2019. (Baca :Jadi Korban Penjambretan di Bukittinggi, Ibu dan Anak Luka-luka)

"Modus pelaku mencari korban yang sendiri atau ibu-ibu yang membawa tas gendong, yang mana rata-rata korban adalah pedagang yang ingin belanja atau berdagang," ulas Kapolres.

Kapolres melanjutkan, tersangka dijerat pasal 365 ayat 1 KUHP dengan ancaman pidana maksimal 9 tahun penjara.(*)