Viral, Guru SD Mandikan Bocah Kurang Mampu hingga Bantu Sekolah

"Rohayatun sudah mengenal Jodi sejak sebelum masuk sekolah. Menurut keterangannya, Jodi kerap bermain ke sekolah dengan pakaian kumal dan tanpa alas kaki."
(Instagram)

KLIKPOSITIF -- Seorang guru SD di Kabupaten Kuningan, Jawa Barat, membagikan kisah haru tentang salah satu muridnya ke Instagram.

Melalui unggahan pada Selasa (23/7/2019), Rohayatun, nama guru itu, menceritakan soal Jodi, murid kelas 1 SD di tempatnya mengajar.

Rohayatun sudah mengenal Jodi sejak sebelum masuk sekolah. Menurut keterangannya, Jodi kerap bermain ke sekolah dengan pakaian kumal dan tanpa alas kaki.

Wanita 24 tahun itu pun, bersama dengan kepala sekolah dan guru yang lain, tergerak hatinya untuk membantu Jodi bersekolah dan membelikannya seragam, seminggu setelah tahun ajaran baru dimulai.

"Awalnya disuruh sekolah dia enggak mau, tapi singkat cerita dia dibujuk untuk sekolah dan akhirnya mau. Hari Senin kemarin kepsekku menyuruhku dan Bu @dinywd untuk membelikan seragam sekolah," tulis @rohayatun7.

Keesokan harinya, Jodi datang ke sekolah pada sekitar pukul 8 pagi. Rohayatun, yang sudah tak sabar memberikan seragam pada Jodi, lantas menghampirinya.

Tak tanggung-tanggung, ia bahkan sampai memandikan Jodi di kamar mandi sekolah karena penampilannya terlihat sangat lusuh.

"Saya langsung nyamperin dia soalnya greget pengin mandiin dia. Awalnya dia enggak mau diajak ke atas dan dimandiin, tapi setelah dibujuk pakai makanan, dia langsung mau dimandiin dan mau sekolah," jelas Rohayatun.

Selesai mandi, Jodi dipakaikan seragam baru. Kata Rohayatun, Jodi sangat senang dengan baju barunya, meskipun itu adalah seragam sekolah.

Setelah berpakaian rapi, Jodi diajak sarapan nasi kuning dan ayam oleh Rohayatun. Saat itulah terjadi percakapan yang menyentuh hati Rohayatun.

"Pas saya suapin kayak menikmati banget makanannya, saya iseng nanya ke Jodi, 'Jodi enak enggak?' Terus dia jawab enak. Saya tanya lagi, 'Suka makan daging ayam enggak?' Dan dia jawab, 'Tara da emam nage jeung lauk asin bae.' Di situ saya langsung sedih banget pokonkya enggak tahu mau bilang apa lagi," ... Baca halaman selanjutnya