Kemendagri Luncurkan Kegiatan Memeriahkan HUT RI ke-74 dan Pemecahan Dua Rekor MURI

(kemendagri)

KLIKPOSITIF -- Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) dan Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP), (launching) meluncurkan kegiatan dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia ke-74 dan Pemecahan 2 (Dua) Rekor MURI.

Kegiatan yang diawali dengan apel tersebut dilakukan di Lapangan Banteng, Jakarta pada Jumat (02/08/2019).

Sekretaris Jenderal Kementerian Dalam Negeri, Hadi Prabowo mengatakan bahwa kegiatan tersebut mampu meningkatkan jiwa patriotik dan nasionalisme bagi para Aparat Sipil Negara (ASN).

Baca Juga

"Kegiatan ini diharapkan akan semakin meningkatkan jiwa patriotik, nasionalisme dan eksistensi selaku aparatur sipil negara yang mempunya fungsi dan tugas dalam pelayanan publik dan perekat persatuan NKRI," kata Hadi saat menjadi Pembina apel.

Tak hanya itu, Hadi meminta para ASN di lingkungannya untuk melakukan introspeksi sehingga peringatan HUT RI tak hanya menjadi seremonial saja.

"ASN dalam hal ini, tidak hanya sekedar memperingati HUT saja tapi melakukan introspeksi atas apa yang telah diberikan kepada negara karena kita adalah abdi dan pelayanan masyarakat," ungkapnya.

Perayaan HUT RI lingkungan Kemendagri dan BNPP tahun 2019 yaitu "Satukan Langkah Dalam Mendukung SDM yang Maju dan Unggul Untuk Indonesia Maju."

Hal tersebut sebagaimana visi Indonesia yang dicanangkan Presiden Joko Widodo dalam lima tahun kedepan, seluruh ASN diharapkan senantiasa mewujudkan inovasi dan meningkatkan kapasitas diri dalam memenuhi tantangan zaman.

"Harapan tahun ini telah dicanangkan untuk tahun 2019-2024 adalah prioritas dalam peningkatan kualitas SDM untuk memenuhi era globalisasi yang penuh tantangan, perubahan, kejutan, kompleksitas yang kadang jauh dari kalkulasi kita, makanya tingkatkan kapasitas dan eksistensi diri serta inovasi di masing-masing komponen," imbuhnya.

Acara yang digelar untuk menyemarakkan, mempererat tali silaturahmi dan semangat juang itu dirangkaikan dengan pemecahan 2 (dua) Rekor MURI kategori perlombaan tarik tambang spektakuler serta kategori perlombaan balap kelereng eksekutif yang diikuti Pejabat Tinggi Madya dan Pratama di lingkungan Kemendagri dan BNPP.

"Kegiatan pemecahan rekor MURI sebagaimana yang telah dilakukan selama tiga tahun ini selalu dilakukan. Tahun 2017 jalan sehat menggunakan topi merah putih, tahun 2018 lomba catur terbesar se-Indonesia, dan tahun 2019 upaya memecahkan rekor tarik tambang dan balap kelereng eksekutif," kata Hadi.

Dalam kesempatan tersebut, juga diberikan secara simbolis mobil operasional dari Pimpinan BRI Wilayah 1 Jakarta kepada Korpri.

"Kepada Pejabat BRI, terimakasih atas kerjasama yang telah dibina dan terus dilakukan, ini tonggak kerjasama dan kedepan semoga lebih baik lagi," tutup Hadi.

Peluncuran yang ditandai dengan pelepasan burung merpati dan balon itu diikuti oleh sekitar 4.000 orang peserta yang terdiri atas para pejabat dan ASN di lingkungan Kemendagri dan BNPP. Setelah peluncuran, kegiatan perlombaan dan pemecahannya Rekor MURI resmi dibuka. (*)

Puspen Kemendagri

Video

Sumbar Kesulitan Solar

YouTube channel KlikPositif.com

Penulis: Eko Fajri