Gempa Kuat Guncang Banten, BMKG Keluarkan Peringatan Dini Tsunami

"Gempa tersebut berkekuatan M=7.4 yang terjadi di 147 kilometer Barat Daya Sumur - Banten"
Peta lokasi gempa (BMKG)

KLIKPOSITIF -- Gempa kuat mengguncang Pulau Jawa dan Sumatera sekitar pukul 19.03 WIB, Jumat 2 Agustus 2019. Selain di kawasan Banten, gempa tersebut juga dirasakan warga di kawasan Jakarta, Bandung, Lampung, Bengkulu, bahkan sampai ke Kota padang- Sumbar.

BMKG merilis, gempa tersebut berkekuatan M=7.4 yang terjadi di 147 kilometer Barat Daya Sumur - Banten. Gempa itu terjadi di lokasi 7.54 LS, 104.58 BT dengan kedalaman 10 kilometer.

BMKG menyebut gempa tersebut berpotensi tsunami.  Daerah yang berpotensi tsunami dengan status siaga berdasarkan pemodelan yang dilakukan BMKG adalah Padeglang Banten, Padeglang Pulau Panaitan Banten, serta Lampung Barat Pesisir-Selatan.

Selain itu daerah yang status waspada tsunami adalah Padeglang bagian utara, Lebak banten, Tanggamus Pulau Tabuan Lampung, Sukabumi Ujung Kulon, Tanggamus bagian timur Lampung, lampung Selatan kepulauan Krakatau, Lapmpung Barat Kepulauan Legundi, Lampung Barat Pesisir Tengah dan Utara Lampung, Bengkulu-utara pulau Enggano Bengkulu, kaur Bengkulu, lampung Selatan Kepulauan Sebuku, Bengkulu Selatan, Serang bagian barat serta Seluma Bengkulu. (*)