BMKG Tunggu Hingga Pukul 21.35 WIB Untuk Akhiri Peringatan Dini Tsunami

"BMKG mengimbau kepada masyarakat agar tetap tenang, selalu waspada"
Lokasi gempa di Banten (BMKG)

KLIKPOSITIF -- Kepala Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Dwikorita Karnawati mengaskan, BMKG masih menunggu hingga pukul 21.35 WIB untuk mengakhiri peringatan dini tsunami.

Menurutnya, fenomena alam yang tak bisa diduga membuat BMKG tidak mengakhiri peringatan dini tsunami secara buru-buru. Awalnya BMKG memprediksi gelombang tsunami akan tiba sekitar pukul 19.35 WIB. Namun karena pertimbangan feneomena alam yang tidak pasti membuat BMKG menunggu hingga dua jam dari taksiran kedatangan gelombang terakhir.

Jika terpantau tidak terjadi tsunami, maka BMKG akan mengakhiri peringatan dini tsunami pada pukul 21.35 WIB.

Ia mengimbau kepada masyarakat agar tetap tenang, selalu waspada, terutama warga yang berada di pesisir Banten, Lampung, serta Jawa barat bagian selatan. Untuk lokasi tersebut, ia mengimbau agar warga menjauh dari pantai dan mencari tempat ketinggian minimal 10 meter.

Ia menjelaskan gempa M=7.4 di Banten dirasakan dengan intensitas IV-V MMI di Lebak Banten. Untuk di Jakarta III-IV MMI, sementara di Bandung, Serang, Bekasi, Bantul, Kkebumen dirasakan II - III MMI. Dwikorita juga menyebut gempa tersebut juga dirasakan di Sawahan Malang dan Pantai Kuta Bali dengan skala II MMI.

"Saat ini kami belum menerima laporan dampak kerusakan gempa bumi tersebut," ujar Dwikorita saat jumpa pers di Jakarta.

Sebelumnya diberitakan, gempa kuat mengguncang Pulau Jawa sekitar pukul 19.03 WIB, Jumat 2 Agustus 2019. Dari analisis BMKG, gempa tersebut berkekuatan M=7,4 yang terjadi di wilayah147 kilometer Barat Daya Sumur - Banten. Gempa itu terjadi di lokasi 7.54 LS, 104.58 BT dengan kedalaman 10 kilometer dan berpotensi tsunami. (*)