Penjelasan BMKG Terkait Gempa di Banten

"Gempabumi ini memiliki mekanisme pergerakan naik (Thrust Fault)"
Lokasi gempa di Banten (BMKG)

KLIKPOSITIF -- Pada Jumat 2 Agustus 2019, pukul 19.03 WIB, wilayah Samudera Hindia Selatan Selat Sunda diguncang gempabumi tektonik. Hasil analisis BMKG menunjukkan gempabumi ini memiliki parameter update dengan magnitudo M=6,9. Episenter gempabumi terletak pada koordinat 7,32 LS dan 104,75 BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 164 kilometer arah barat daya Kota Pandeglang, Kabupaten Pandeglang, Propinsi Banten pada kedalaman 48 kilometer.

Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG, Rahmat Triyono dalam keterangan tertulisnya menyampaikan, dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi dangkal akibat adanya deformasi batuan dalam lempeng Indo-Australia. Menurutnya hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempabumi memiliki mekanisme pergerakan naik (Thrust Fault).

Ia melanjutkan, hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempabumi berpotensi tsunami dengan level SIAGA untuk wilayah Lebak dan Pandeglang bagian Selatan, serta level WASPADA untuk wilayah Pandeglang Utara, Tanggamus-Lampung.

Sementara berdasarkan monitoring muka air laut di lokasi Tide Gauge Binangeun, Marina Jambu, Ciwandan, Christmas Island, Bengkunat, Krui, Sebesi, Kota Agung, Pel. Panjang, Enggano, Bintuhan, P. Baai, Seblat tidak menunjukkan adanya perubahan muka air laut yang signifikan.

Hingga pukul 21.35 WIB, Hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempabumi susulan (aftershock).

Kepada masyarakat, BMKG mengimbau, sehubungan dengan Peringatan Dini Tsunami telah dinyatakan berakhir maka bagi daerah yang mendapatkan Peringatan Dini tersebut dapat kembali ke tempat masing – masing. Namun demikian masyarakat agar tetap waspada terhadap gempabumi susulan.

BMKG juga mengimbau agar warga tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya, serta menghindari dari bangunan yang retak atau rusak ... Baca halaman selanjutnya