Berkaca dari Persoalan Drg Romi, Pemprov Sumbar Peringatkan Kabupaten dan Kota

"Ini pelajaran pertama, jangan sampai ada lagi kejadian serupa"
drg Romi Syofpa Ismael di LBH Padang (KLIKPOSITIF/Halbert Caniago)

PADANG, KLIKPOSITIF - Wakil Gubernur Sumbar, Nasrul Abit mengatakan, persoalan Drg Romi Syofpa Ismael yang lolos tes CPNS tapi kemudian dibatalkan karena kondisi fisiknya untuk menjadi bahan evaluasi kedepan bagi kabupaten dan kota agar tidak terjadi hal serupa.

"Ini pelajaran pertama, jangan sampai ada lagi kejadian serupa, maka saya ingatkan kabupaten dan kota bahwa dalam penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) disabilitas ini punya formasi 2 persen dari total penerimaan semua, oleh karena itu jangan menghakimi seseorang karena cacat fisiknya dan harus memiliki keterangan dokter, jika memang mereka bisa bekerja maka mereka memiliki hak menjadi PNS," tegasnya, Sabtu, 3 Agustus 2019. 

Dikatakan Nasrul, persoalan yang menimpa Drg Romi sudah ada titik temu. Pasalnya, Kemendagri dan Kemenpan serta BKN dengan mengahadiri Pemkab Solok Selatan sudah dilakukan pertemuan membahas hal ini beberapa waktu lalu.

"Dalam pertemuan itu, jalan keluarnya yang bersangkutan akan diusahakan diangkat tahun ini. Karena ada formasi 1 2018 yang tidak terisi, maka perlu kebijakan dari pusat dalam hal ini. Jika tidak bisa maka pada tahun 2019 akan dimasukan sebab akan ada penerimaan formasi dokter gigi, apakah beliau di tes kembali atau tidak itu kebijakan tergantung pusat juga. Namun harapan kita kita dokter Romi ini diangkat sebagai pegawai sehingga seluruh permasalahan selesai," tukas Wagub. 

Sementara itu, Pemerintah Kabupaten Solok Selatan, telah menyurati panitia seleksi nasional (Panselnas) CPNS terkait penyelesaian polemik drg Romi. 

"Kami ingin polemik Dokter Romi segera selesai. Kita sudah bertemu di Kantor (Kemenko) PMK. Kesepakatannya, kita mencoba menyurati Panselnas, baik BAKN maupun Kemenpan-RB," tutur Sekda Solok Selatan, Yulian Efi.

Dikatakannya lagi, Bupati Solok Selatan sudah menyurati Panselnas untuk dapat memanfaatkan satu formasi disabilitas 2018 yang tidak terisi. Surat ... Baca halaman selanjutnya