Seorang Warga Temukan Granat Aktif di Sijunjung

"Mendapat laporan tersebut kami segera ke lokasi penemuan granat. Ternyata benar, granat tersebut merupakan granat nenas yang masih aktif dengan kondisi berkarat"
Kasat Sabhara Polres Sijunjung Iptu Asril Saat Menjinakkan Granat Nenas (Istimewa)

SIJUNJUNG, KLIKPOSITIF -- Sebuah granat ditemukan seorang warga di Jorong Sei Jodi, Nagari Lubuk Tarok, Kecamatan Lubuk Tarok, Kabupaten Sijunjung, Sabtu 3 Agustus 2019 sekira pukul 13.00 WIB.

Diketahui warga tersebut bernama Isral Giandi (32). Ia menemukan benda mencurigakan saat ingin membersihkan bagian belakang rumahnya.

Kasat Sabhara Polres Sijunjung Iptu Asril mengatakan, curiga dengan benda aneh tersebut dan tidak ingin terjadi apa-apa, Isral segera melapor ke Mapolsek Lubuk Tarok. Kemudian, lanjutnya, pihak Mapolsek Lubuk Tarok melaporkan ke Mapolres Sijunjung.

"Mendapat laporan tersebut kami segera ke lokasi penemuan granat. Ternyata benar, granat tersebut merupakan granat nenas yang masih aktif dengan kondisi berkarat," katanya di Sijunjung, Minggu 4 Agustus 2019.

Asril menambahkan, langkah yang diambil terhadap granat, memasukkan granat ke dalam ember yang berisi pasir agar tidak ada goncangan.

"Saat ini granat kita amankan di Mapolsek Lubuk Tarok dan sudah dikoordinasikan ke Mapolda Sumbar. Diperkirakan granat ini peninggalan Belanda atau Jepang masa penjajahan dulu," ujarnya.

Lebih jauh Asril menambahkan, ia mengapresiasi langkah Isral Giandi yang menemukan granat segera berkoordinasi dengan pihak kepolisian. "Kita apresiasi pak Isral, agar ini menjadi contoh ke warga lain untuk tidak bertindak sendiri jika menemukan benda-benda mencurigakan," katanya lagi.(*)