Azwar Anas: Gubernur Sumbar Kedepan Harus Mengerti Pariwisata

"Menurutnya, Sumbar ada segalanya soal pariwisata, mulai dari keindahan, kuliner dan UMKM. Tinggal mengembangkan saja dan menjadi potensi tersebut sebagai peningkatan perekonomian masyarakat"
Azwar Anas (KLIKPOSITIF/Joni Abdul Kasir )

PADANG, KLIKPOSITIF - Pemilihan gubernur (pilgub) Sumatra Barat (Sumbar) memang masih setahun lagi. Tetapi, nama-nama calon sudah ada yang mengapung ditengah masyarakat. Tentunya, banyak harapan dari masyarakat untuk pemimpin lima tahun kedepan.

Begitupun bagi sosok tokoh masyarakat Sumbar yang juga mantan gubernur, Azwar Anas. Catatan penting bagi seorang Azwar Anas, menjadi pemimpin Sumbar kedepan harus mengerti pariwisata.

Menurutnya, Sumbar ada segalanya soal pariwisata, mulai dari keindahan, kuliner dan UMKM. Tinggal mengembangkan saja dan menjadi potensi tersebut sebagai peningkatan perekonomian masyarakat.

"Sumbar sekarang beda beda dengan dahulu, dulu kami masih memikirkan infrastruktur daerah. Sekarang infrastruktur sudah mulai baik, jadi yang harus dikembangkan itu potensi yang ada. Apa itu, ya pariwisata," ujarnya.

Gubernur Sumatra Barat selama dua periode (1977-1987) itu menilai, pemimpin kedepan harus bisa mendatangkan wisatawan baik lokal maupun mancanegara. Sembari, memberi perhatian kepada UMKM yang menjadi sasaran wisatawan.

"Sekarang UMKM juga sudah cukup baik, kuliner kita tidak kalah dengan yang lain. Tinggal kebijakan pro pariwisata saja jalan semua itu," katanya.

Selain pariwisata, sektor pertanian juga mendapat perhatian Azwar Anas. Menurutnya Sumbar punya lahan yang luas untuk dikelola dan mayoritas masyarakat bertani. Tapi, belum banyak masyarakat sejahtera dari hasil pertanian mereka.

"Disini pemerintah, tentunya pemimpin itu hadir. Cerdas petani, sejahterahkan mereka, lihat apa yang perlu dikembangkan dari petani kita, begitu baru pemimpin cocok untuk Sumbar," tukasnya. (*)